Perancangan Branding di Taman Prestasi Surabaya sebagai Media Promosi
DOI:
https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i02.16654Kata Kunci:
Branding, Indentitas, Perancangan, Promosi, Strategi, TamanAbstrak
Berkembangnya zaman pada era teknologi membawa dampak pada perilaku masyarakat. Dampak teknologi yang sangat terlihat, salah satunya yaitu masyarakat yang tidak terlalu peduli dengan keadaan sekitar. Oleh sebab itu, pariwisata yang dulunya dikenal sebagai tempat berkumpul, kini mulai terabaikan dan bahkan beberapa sudah ditutup karena tergerus zaman. Salah satu wisata yang terkena dampak dari perubahan zaman adalah Taman Prestasi Surabaya. Taman ini sempat menjadi tempat favorit sekaligus kebanggan Kota Surabaya. Berdasarkan aspe sejarah dan lokasi, Taman Prestasi Surabaya memiliki potensi yang cukup signifikan. Jadi, diperlukan strategi yang tepat guna mengembalikan situasi dan kondisi taman ini seperti dulu, salah satunya melalui branding. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kaitannya dengan branding, yakni nama yang unik, merk dagang, logo, slogan, maupun hal lain yang menunjukkan ciri khas sebagai suatu identitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi perancangan branding yang tepat pada Taman Prestasi Surabaya, agar kembali mendapatkan atensi dari masyarakat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah metode perancangan desain milik Hawkins dengan tiga tahapan yakni eksplorasi, eksperimen, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan branding diperlukan sebagai strategi branding Taman Prestasi Surabaya dengan media pendukung promosi. Tujuannya jelas sebagai salah satu sarana Taman ini untuk lebih dikenal dengan ciri khas tertentu sebagai identitasnya.
Unduhan
Referensi
Abdillah, (2020). Creativity on your slide. CV Jejak. https://www.google.co.id/books/edition/Creativity_on_your_slide/B3r_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Albi Anggito, (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ
Caroline. (2021). Bangun Branding Memang Pusing: Rahasia Menaikkan Performa Bisnis Agar Dikenal. Elementa Media. https://www.google.co.id/books/edition/Bangun_Branding_Memang_Pusing_Rahasia_Me/we93EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Darmalaksana, (2020). Cara menulis proposal penelitian. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Darmawanto, E. (2019). Desain Komunikasi Visual II Perancangan Identitas Visual. Unisnu Press
Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 10.
Djaelani, (2013). Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 20(1), 82–92.
El Chidtian, (2021). Perancangan Branding Kabupaten Lamongan Sebagai Strategi Promosi Untuk Khalayak Umum. JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 5(2), 96–105.
Fatimah, (2016). Teknik Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=CRL2DwAAQBAJ
Gunanto, (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI. Program Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pengecoran Logam. Penerbit Andi.
Gunawan, (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=AqSAEAAAQBAJ
Halim, (2013). Tip Praktis: Promosi Online untuk Berbagai Event. Elex Media Komputindo.
Huda, Asrul, (2019). Cara Mudah Belajar Desain Grafis (Corel Draw, Photoshop Dan Sablon Digital). UNP PRESS. https://www.google.co.id/books/edition/Cara_Mudah_Belajar_Desain_Grafis_Corel_D/mDUQEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Jupri, A., Khofifah, B. U., Laili, J., Soleha, E. M., Sunarwidi P, E., Rozi, T., & Husain, P. (2022). Perancangan Branding Desa Melalui Media Visual di Desa Tetebatu Selatan, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 285–289. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2184
Kartajaya, (2004). Positioning, diferensiasi dan brand. Gramedia Pustaka Ulama. https://www.google.co.id/books/edition/Positioning_diferensiasi_dan_brand/2IG5XW5cbWsC?hl=id&gbpv=0
Kartika, (2015). Logo: Visual Asset Development. Elex Media Komputindo. https://www.google.co.id/books/edition/Logo_Visual_Asset_Development/sk1JDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Kristiana, (2022). TIPOGRAFI. Penerbit Lakeisha. https://www.google.co.id/books/edition/TIPOGRAFI/5o6VEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Michandani, (2019). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Kerta di Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(1), 111. https://doi.org/10.24843/jdepar.2019.v07.i01.p17
Muhammad Ilham,. (2022). Sistem informasi pemasaran jasa pendidikan. Jejak Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/SISTEM_INFORMASI_PEMASARAN_JASA_PENDIDIK/3K2mEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Mukhirah. (2018). Dasar Seni dan Desain. Syiah Kuala University Press. https://www.google.co.id/books/edition/Dasar_Seni_dan_Desain/9VbRDwAAQBAJ?hl=id&gbpv
Nurmansyah, (2022). Pengertian Brand image, Indikator dan Pentingnya untuk Usaha. Mekari Qontak. https://qontak.com/blog/brand-image
Prabowo, O. A., Kuntjara, A. P., & Sutanto, R. P. (2019). Perancangan Visual Branding
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2024-08-13 (2)
- 2024-07-31 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Faiz Miftahul Huda, Rafael Afila Sulthan Iqbal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.