This is an outdated version published on 2024-07-31. Read the most recent version.

Perancangan Branding di Taman Prestasi Surabaya sebagai Media Promosi

Authors

  • Faiz Miftahul Huda Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Rafael Afila Sulthan Iqbal Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i02.16654

Keywords:

Branding, Indentitas, Perancangan, Promosi, Strategi, Taman

Abstract

 

Berkembangnya zaman pada era teknologi membawa dampak pada perilaku masyarakat. Dampak teknologi yang sangat terlihat, salah satunya yaitu masyarakat yang tidak terlalu peduli dengan keadaan sekitar. Oleh sebab itu, pariwisata yang dulunya dikenal sebagai tempat berkumpul, kini mulai terabaikan dan bahkan beberapa sudah ditutup karena tergerus zaman. Salah satu wisata yang terkena dampak dari perubahan zaman adalah Taman Prestasi Surabaya. Taman ini sempat menjadi tempat favorit sekaligus kebanggan Kota Surabaya. Berdasarkan aspe sejarah dan lokasi, Taman Prestasi Surabaya memiliki potensi yang cukup signifikan. Jadi, diperlukan strategi yang tepat guna mengembalikan situasi dan kondisi taman ini seperti dulu, salah satunya melalui branding. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan pada kaitannya dengan branding, yakni nama yang unik, merk dagang, logo, slogan, maupun hal lain yang menunjukkan ciri khas sebagai suatu identitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi perancangan branding yang tepat pada Taman Prestasi Surabaya, agar kembali mendapatkan atensi dari masyarakat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah metode perancangan desain milik Hawkins dengan tiga tahapan yakni eksplorasi, eksperimen, dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan branding diperlukan sebagai strategi branding Taman Prestasi Surabaya dengan media pendukung promosi. Tujuannya jelas sebagai salah satu sarana Taman ini untuk lebih dikenal dengan ciri khas tertentu sebagai identitasnya.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, (2020). Creativity on your slide. CV Jejak. https://www.google.co.id/books/edition/Creativity_on_your_slide/B3r_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Albi Anggito, (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ

Caroline. (2021). Bangun Branding Memang Pusing: Rahasia Menaikkan Performa Bisnis Agar Dikenal. Elementa Media. https://www.google.co.id/books/edition/Bangun_Branding_Memang_Pusing_Rahasia_Me/we93EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Darmalaksana, (2020). Cara menulis proposal penelitian. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmawanto, E. (2019). Desain Komunikasi Visual II Perancangan Identitas Visual. Unisnu Press

Desa Wisata Jambu Kabupaten Kediri. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 10.

Djaelani, (2013). Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 20(1), 82–92.

El Chidtian, (2021). Perancangan Branding Kabupaten Lamongan Sebagai Strategi Promosi Untuk Khalayak Umum. JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 5(2), 96–105.

Fatimah, (2016). Teknik Analisis SWOT. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=CRL2DwAAQBAJ

Gunanto, (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XI. Program Keahlian Teknik Mesin. Kompetensi Keahlian Teknik Pengecoran Logam. Penerbit Andi.

Gunawan, (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=AqSAEAAAQBAJ

Halim, (2013). Tip Praktis: Promosi Online untuk Berbagai Event. Elex Media Komputindo.

https://www.google.co.id/books/edition/Tip_Praktis_Promosi_Online_untuk_Berbaga/wjsrVai4r8AC?hl=id&gbpv=0

Huda, Asrul, (2019). Cara Mudah Belajar Desain Grafis (Corel Draw, Photoshop Dan Sablon Digital). UNP PRESS. https://www.google.co.id/books/edition/Cara_Mudah_Belajar_Desain_Grafis_Corel_D/mDUQEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Jupri, A., Khofifah, B. U., Laili, J., Soleha, E. M., Sunarwidi P, E., Rozi, T., & Husain, P. (2022). Perancangan Branding Desa Melalui Media Visual di Desa Tetebatu Selatan, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 285–289. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2184

Kartajaya, (2004). Positioning, diferensiasi dan brand. Gramedia Pustaka Ulama. https://www.google.co.id/books/edition/Positioning_diferensiasi_dan_brand/2IG5XW5cbWsC?hl=id&gbpv=0

Kartika, (2015). Logo: Visual Asset Development. Elex Media Komputindo. https://www.google.co.id/books/edition/Logo_Visual_Asset_Development/sk1JDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Kristiana, (2022). TIPOGRAFI. Penerbit Lakeisha. https://www.google.co.id/books/edition/TIPOGRAFI/5o6VEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Michandani, (2019). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Kerta di Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Jurnal Destinasi Pariwisata, 7(1), 111. https://doi.org/10.24843/jdepar.2019.v07.i01.p17

Muhammad Ilham,. (2022). Sistem informasi pemasaran jasa pendidikan. Jejak Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/SISTEM_INFORMASI_PEMASARAN_JASA_PENDIDIK/3K2mEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Mukhirah. (2018). Dasar Seni dan Desain. Syiah Kuala University Press. https://www.google.co.id/books/edition/Dasar_Seni_dan_Desain/9VbRDwAAQBAJ?hl=id&gbpv

Nurmansyah, (2022). Pengertian Brand image, Indikator dan Pentingnya untuk Usaha. Mekari Qontak. https://qontak.com/blog/brand-image

Prabowo, O. A., Kuntjara, A. P., & Sutanto, R. P. (2019). Perancangan Visual Branding

Downloads

Published

2024-07-31

Versions

Issue

Section

Articles