PENGARUH GARANSI PAYMENT, PROMOSI DENGAN METODE PENULISAN HEADLINE TERHADAP MINAT BELI SHOPEE

Penulis

  • Makna Lefi Amrita

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.782

Kata Kunci:

garansi payment, promosi, headline, minatbeli

Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadi pendorong bagi perusahaan untuk berkembang. Faktor pemasaran didalamnya mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan tersebut. Meninjau dari fenomena bisnis di atas, peneliti bertujuan meneliti Pengaruh Garansi Payment dan Promosi dengan Metode Penulisan Headline Terhadap Minat Beli Aplikasi Shope Di kampus Umaha memiliki sampel sebanyak 90 orang karena penelitian ini menggunakan metode purposive random sampling dimana sampel ditentukan dengan pertimbangan tertentu. Penelitian berikut ini dikategorikan kuantitatif. Teknik analisa data yaitu menggunakan Regresi Linier Berganda dengan program SPSS 25.  Hasil analisa yang didapat yaitu bahwa variabel garansi payment tidak mempunyai pengaruh terhadap variabel headline. Variabel garansi payment tidak mempunyai pengaruh terhadap variabel minat beli. Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Dapat disimpulkan bahwa variabel promosi berpengaruh secara simultan terhadap variabel minat beli. Untuk koefisien determinasi pada variabel headline diperoleh nilai sebesar 0,157 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel garansi payment dan promosi berkontribusi 15,7% terhadap variabel headline. Sedangkan koefisien determinasi pada variabel minat beli diperoleh nilai sebesar 0,263 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel garansi payment dan promosi berkontribusi 26,3% terhadap variabel minat beli.

Referensi

Abdul Rochim, 2015. Pengaruh Harga dan Garansi seumur Hidup Terhadap pengambilan Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Tupperware (Studi Kasus di Kelurahan Tambak Aji RW V Ngaliyan Semarang), Universitas Islam Negeri Walisongo.

Alma, Buchari, 2013, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, cetakan kesepuluh, Penerbit: Alfabeta, Bandung.

Andrew, Blake C. (2007). Media Generated Shortcuts: Do Newspaper Headlines Present another Roadblock for Low Information Rationality? The Harvard international Journal of Press/Politics. London

Assauri, Sofyan. 1996, Manajemen Pemasaran. Jakarta, Penerbit Rajawali Perss.

Fauziah dan Ina Agustina. 2008. Analisis dan Perancangan Prototype Aplikasi Colaborative Commerce. KOMMIT 2008.

Hendrawati, N. K. 2013. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Masa Kerja terhadap Profesional dan Kinerja Karyawan di Lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis.dari situs World Wide Web http:// www.unigal.ac.id/ejurnal/html/ index.php?naon =305

Holil, M. & Sriyanto, A. (2011). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Badan Milik Negara). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Budi Luhur.

Indrajit, Richardus Eko. 2006. E-commerce: Kiat dan Strategi Bisnis di Dunia Maya.Jakarta : PT. Elex Komputindo.

Lowry, Paul Benjamin, et al. 2006. Online Payment Gateways Used to Facilitate E-commerce Transactions and Improve Risk Management. CAIS vol 17.

Mantri, Bagus Hanindyo. 2008. Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi e-Commerce. MMH jilid 37 No. 4 tahun 2008.

Mawardi. 2008. Transaksi E-commerce dan Bai’ As-Salam (Suatu Perbandingan). Hukum Islam volume VIII No.1 Juni 2008.

Diterbitkan

2020-10-19

Terbitan

Bagian

Articles