PENGARUH NILAI KONSUMEN, KEPERCAYAAN MERK TERHADAP MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN DIGITAL PAYMENT OVO
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.769Kata Kunci:
Nilai Konsumen, Kepercayaan Merk, dan Minat KonsumenAbstrak
Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat, menyebabkan terjadinya revolusi digital di dunia. Tren belanja online membuat metode pembayaran baru di Indonesia yang bernama Financial Technology (Fintech) untuk memudahkan dalam bertransaksi. Salah satu bentuk fintech yang menjadi tren saat ini adalah digital payment. Pada penelitian ini peneliti mempunyai tujuan untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh nilai konsumen dan kepercayaan merk terhadap minat konsumen dalam menggunakan digital payment merk ovo pada mahasiswa feb universitas maarif hasyim latif sidoarjo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif, dengan sampel yang diambil sebanyak 90 responden. Peneliti juga menggunakan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS 24. Hasil dari penelitian ini membuktikan adanya dampak yang signifikan terhadap variabel independen atas variabel dependen secara parsial dan juga secara simultan. A). Variabel nilai konsumen mempunyai dampak positif yang signifikan atas variabel minat konsumen. Dengan hasil perhitungan thitung sebesar 8,999 > ttabel sebesar 1,98761. B). Variabel kepercayaan merk mempunyai dampak positif yang signifikan atas variabel minat konsumen Dengan hasil perhitungan thitung sebesar 4,344 > ttabel sebesar 1,98761. C). Variabel independen yakni nilai konsumen dan kepercayaan merk, secara simultan mempunyai dampak yang signifikan atas variabel dependen yakni minat konsumen. Dengan hasil perhitungan fhitung 118,347 dan ftabelsebesar 3,95 dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000.Referensi
Abigael (2018). Pengaruh brand trust terhadap niat konsumen untuk menggunakan e-money sakuku dan t-cash ; Bandung.
Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta ; Bandung.
Ar-robi, Muhammad Ridho (2015). Analisis tingkat kepuasan dan performa pada merchant ovo di Surabaya ; Surabaya.
Deka, Rio Era (2019). Pengaruh brand association dan brand awareness terhadap brand loyality melalui brand trust pada start up fintech ovo ; Malang.
Erik Sudarso (2016). Kualitas Layanan, Nilai fungsional, Nilai emosional dan Kepuasan konsumen ; Singkawang.
Fandiyanto, Reandika (2019). Pengaruh kepercayaan merk dan citra merk terhadap minat beli ulang kopi toraja di coffe josh Situbondo ; Situbondo.
Kartika , Trecya Gita, Darmansyah, dan Anwar, Syaiful (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen dan Pengetahuan Tentang Media Sosial Internet Terhadap Minat Beli Konsumen Online ; Bengkulu.
Khafiyah, Norita Nadya (2019). Pengaruh persepsi mahasiswa mengenai uang elektronik terhadap minat menggunakan aplikasi ovo ; Jakarta.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian, Penerbit Alfabeta ; Bandung.
Supriyono, (2010). Kepercayaan dan Minat Beli di SUB Forum jual beli www.kaskus.us. Surabaya.
Yulianta, Naili , dan Agung Budiatmo (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Hotel Siliwangi Semarang ; Semarang.
Wuryani, E., Fathoni, A., Sutarsi, S., Nurna, N., & Arif, D. (2021). Analysis of decision support system on situational leadership styles on work motivation and em- ployee performance. 11. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.9.033
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to IQTISHADequity Journal.
IQTISHADequity has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.