PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.764Kata Kunci:
Brand Ambassador, Kepercayaan, Keputusan PembelianAbstrak
Pada zaman modern sekarang ini, dan juga perkembangan teknologi yang semakin maju dari tahun ke tahun membawa dampak positif serta negatif bagi kebanyakan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Fenomena ini memiliki dampak positif yaitu dengan berbagai kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas yang di inginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya melakukan kegiatan berbelanja, kegiatan ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan adanya perkembangan teknologi yakni, melalui media internet atau biasa disebut online shop. Oleh karena itu, peneliti mempunyai tujuan untuk meneliti Pengaruh Brand Ambassador Boyband BTS dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Penelitian ini di lakukan pada mahasiswa/i fakultas ekonomi di Universitas Ma’arif Hasyim Latif Sidoarjo dengan populasi berjumlah 669 mahasiswa. Metode pengambilan sampel adalah sampling jenuh yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel , yang telah menggunakan aplikasi tokopedia yakni berjumlah 73 mahasiswa. Teknik analisis data yang di gunakan yakni, analisis regresi linier berganda dengan penggunaan program komputer SPSS versi 21.0 . Dari hasil analisis data pada penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa variabel brand ambassador secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Untuk hasil dari analisa nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0,374, yakni kedua variabel brand ambassador, dan kepercayaan bersama-sama (simultan) memberi kontribusi 37,4% terhadap keputusan pembelian, sedangkan 62,6 % yaitu pengaruh yang di miliki oleh variabel lain yang bukan termasuk dalam penelitian ini.
Referensi
ARIF, D., YUCHA, N., SETIAWAN, S., OKTARINA, D., MARTAH, V., & MUTTAQIIN, N. (2020). Applications of Goods Mutation Control Form in Accounting Information System: A Case Study in Sumber Indah Perkasa Manufacturing, Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(8), 419–424.
Ekasari, R., & Arif, D. (2019). Pengaruh Celebrity Endorses, Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab. 1(1), 1–7.
Halik, A., Arif, D., Ekasari, R., Yucha, N., Aulia, R., Maarif, U., Latif, H., & Java, E. (2020). Economic Impacts of COVID-2019 and its Implications on e- Commerce Buying Interest : A Case Study in Shopee Online-shop. 29(4), 2530–2538.
Alwafi, F., dan Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh persepsi keamanan, kemudahan bertransaksi, kepercayaan terhadap toko dan pengalaman berbelanja terhadap minat beli secara online pada
situs jual beli Tokopedia.com.
Diponegoro Journal Of Management.
Andhini, A., dan Khuzaini. (2017). Pengaruh
transaksi online shopping dan
kepercayaan konsumen terhadap
keputusan konsumen pada e-commerce. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Ardyanto, Denni, Susilo, Heru, & Riyadi. (2015).
Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan
menggunakan E-Commerce terhadap
Keputusan Pembelian Online. Jurnal
Administrasi Bisnis (JAB).
Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mudiantono, S. P. R. (2016). Analisis Pengaruh
Brand Ambassador , Kualitas Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal Of Management.
Nazarudin, H., dan Pela, Y. (2016). Pengaruh Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs D'bc Network Orifline.
Rafidah, I dan Djawoto. (2017). Analisis keamanan kemudahan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online di Lazada. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori
& Implementasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen.
(Setiyawami, Ed.). Bandung: Alfabeta.
Sari,M. P. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi
Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Lazada.co.id Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU. Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.
Suny. (2017). Pengaruh kepercayaan,
kemudahan dan kualitas informasi
penjualan terhadap keputusan
pembelian secara online oleh
mahasiswa politeknik negeri Batam.
Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to IQTISHADequity Journal.
IQTISHADequity has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.