ANALISIS BAURAN PEMASARAN, KARAKTERISTIK KONSUMEN, DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI SEPEDA MOTOR HONDA SCOOPY DI UNIVERSITAS MA ARIF HASYIM LATIF SIDOARJO

Penulis

  • Dea Prastiwi Publikasi Jurnal Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.550

Kata Kunci:

Bauran Pemasaran, Karakteristik Konsumen, Citra Merek, Minat Beli.

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli, (2) pengaruh karakteristik konsumen terhadap minat beli, (3) pengaruh citra merek terhadap minat beli, (4) pengaruh bauran pemasaran, karakteristik konsumen, dan citra merek secara simultan terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Populasi dalamcpenelitian ini adalah mahasiswa Universitas Maarif Hasyim Latif. Sidoarjo. Jumlah sampel penelitian sebanyak 46 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh atau sampel sensus yaitu seluruh anggota populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan memberikan daftar pertanyaan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa karakteristik konsumen dan bauran pemasaran dengan cara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai variabel karakteristik konsumen thitung 3,016 > ttabel 2,019 dan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Dan nilai variabel bauran pemasaran 2,113 > ttabel 2,019 dan nilai signifikansi sebesar 0,041 < 0,05. Sedangkan citra merek tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 23,693 > Ftabel 2,83 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel bauran pemasaran, karakteristik konsumen, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,629. Artinya, ketiga variabel bauran pemasaran, karakteristik konsumen, dan citra merek secara bersama-sama memberikan kontribusi 62,9% terhadap minat beli, sedangkan sisanya sebesar 37,1% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Karakteristik Konsumen, Citra Merek, Minat Beli.

Referensi

Caraka? Gilang Paradis. 2015. “Peranan Karakteristik dan Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk Pakaian Melalui Instagram”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom, Bandung.

Chan, Hui Che. 2017. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Pembelian Motor Yamaha Di Bandar Lampung”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung.

Emelda. 2017. “Faktor Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhamadiyah Palembang”. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Rahmaniyah, Palembang.

Harjuno, Puger. 2018 “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Scoopy (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta)”. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Hermawan, Dominicus Betti. 2009. “Analisis Faktor Faktor Yang Mempengarui Perilaku Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Merek Honda”. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Meldarianda, Resti dan Lisan, Henky. 2010. “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung”. Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Purnamasari, Yulia Endah Sukma. 2011. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berlibur Di Kota Semarang”. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Solikhah, Novia Fatma. 2017. “Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Lazizaa Chicken & Pizza”. Fakultas Ekonomi Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo.

Diterbitkan

2020-01-24

Terbitan

Bagian

Articles