PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Penulis

  • Titik Sri Mardiasih Publikasi Jurnal Fakultas Ekonomi

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.546

Kata Kunci:

Persepsi Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuktikan seberapa besar  pengaruh  persepsi harga, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di pasar Puspa Agro Jemundo kabupaten Sidoarjo, studi kasus pada konsumen pasar  Puspa Agro Jemundo  di wilayah sidoarjo.

Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa : 1). Persepsi Harga dihasilkan nilai t hitung sebesar 2,756 dengan nilai signifiikan sebesar 0,007. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat dinyatakan hipotesis diterima Yang artinya harga mempunyai pengaruh positif dan signifikant terhadap keputusan pembelian. 2). Kualitas produk dihasilkan nilai t-hitung pada variabel kualitas produk sebesar 6,597 dengan nilai siignifikan sebesar 0,000. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat dinyatakan hipotesis diterima.Yang berarti kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikant terhadap keputusan pembelian. 3). Lokasi dihasilkan nilai t-hitung untuk variabel lokasi sebesar 2,170 dengan nilai signifikan sebesar 0,032. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat dinyatakan hipotesis diterima. Yang artinya lokasi mempunyai pengaruh positif dan signifikant terhadap keputusan pembelian. 4). Persepsi harga, kualitas produk, dan lokasi dihasilkan nilai f-hitung sebesar 18,135 dengan nilai signifikant sebesar 0,000. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat dinyatakan hipotesis diterima. Yang artinya persepsi harga, kualitas produk dan lokasi secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikant terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci : Persepsi Harga, Kualitas Produk, Lokasi, Keputusan Pembelian.

Referensi

Amalia,MS,2016. Proses Pemasaran. Jurnal Universitas Yohanes Dwi Kurniawan: Yogyakarta.

Kurniasari,2013. Analisis Pengaruih Harga, Kualitas Produtk, Dan Kualiitas Pelayanan Terhadep Keputusan Pembelian. Jurnal Universitas Kurniasari : Semarang.

Kotler dan Garry Amstrong, 2017. Pengertian Harga. Jurnal Universitas Yohanes Dwi Kurniawan Yogyakarta.

Kotler dan Keller, 2016. Definisi pemasaran Jurnal Universitas Yohanes Dwi Kurniawan: Yogyakarta.

Kotler, philip dan Amstrong, Garry, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Gery, 2001. Dasar-Dasar Pemasaran. Jurnal Universitas Serli Merlida: Yogyakarta.

Kotler dan Amstorng, ,2015. Tahapan Keputusan pembelian. Jurnal Universitas Ellyani: Sidoarjo.

Mariska Deasy Paramitha,2015. Analisis Pengaruh Kualittas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Universitas Mariska Deasy Paramitha : Semarang.

Nugroho,2003. Definisi Keputusan Pembelian. Jurnal Universitas Serli Merlida: Yogyakarta

Prananda,MA,2014. Empat Jenis Perilaku Pembelian. Https://repository.widyatama.ac.id

Ramli,Samsul,2014. Definisi Harga.wwwmaxmanmore.com. Sidoarjo.

Rangkuti,2007. Penelitian kuantitatif. Fifyanita Ghanimata: Semarang.

Rihasto Mega Saputro,2015. Analisis Pengaruh bautran pemasaran Terthadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Grand Panorama Resto Semarang). Jurnal Universitas Rihasto Mega Saputro : Semarang.

Sugiyono, 2015, Definisi Kuesioner. Jurnal Universitas Ellyani: Sidoarjo.

Sugiono,2017. Definisi populasi. Fifyanita Ghanimata: Semarang.

, 2017. Definisi sampel. Fifyanita Ghanimata: Semarang.

,2015. Pengertian Kuesioner. Fifyanita Ghanimata: Semarang.

Sugito,2013. Pengaruh Herga, Kualitas Produk Dan Kualiitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Prusahaan Konveksi KUPP, “SGT Collection” Di Sidoarjo. Jurnal Universitas Sugito : Sidoarjo.

Sumarwan,2014. Definisi Keputusan Pembelian. Jurnal Universitas Ellyani: Sidoarjo.

Sunawan,2015. Pengaruh Kuallitas Produk, Kualitas Pellayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D’Stupid Baker Spazio Graha Famili Surabaya. Jurnal Universitas Sunarwan : Surabaya.

Swastha dan Handoko, 2013. Lima peran individu dalam keputusan pembelian. Jurnal Universitas Serli Merlida: Yogyakarta.

Tjiptono,2016. Dimensi dan Indikator Keputusan Pembelian. Jurnal Universitas Ellyani: Sidoarjo.

Tjiptono,Fandy,2014. Pengertian Kualitas.repository.unpas.ac.id

Malhotra,2007. Tujuan Desain Deskriptif. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono,Fandy 2014. Indikator Kualitas Produk. Jurnal Universitas Ellyani: Sidoarjo.

Diterbitkan

2020-01-24

Terbitan

Bagian

Articles