PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING PADA SANGGAR SENI PELANGI ENTERTAIMENT
DOI:
https://doi.org/10.51804/ijsd.v4i1.1597Kata Kunci:
instagram, pemanfaatan media sosial, social media marketing.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Instagram sebagai social media marketing pada Sanggar Seni Pelangi Entertaiment. Manfaat penelitian ini adalah memberi informasi kepada pengguna media sosial khususnya pelaku insan seniman maupun pengelola sanggar seni untuk mengetahui secara mendalam terkait pemanfaatan media sosial sebagai social media marketing. Teori pada penelitian merujuk pada konsep social media marketing yang disampaikan oleh Sigh dalam jurnal As'ad, H. Abu-Rumman (2014). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitan kualitatif dengan metode studi kasus. Pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini ditemukan secara umum sadar untuk membentuk dan membangun sebuah dasar pedoman dalam memanfaatkan sebuah media sosial yang diperuntukan sebagai social media marketing untuk bisnis yang sedang di bangun, maka akan sangat membantu setiap proses kegiatan pemasaran di ranah media sosial itu sendiri. Secara khusus, dari adanya keseluruhan dimensi social media marketing yang meliputi online communities, interaction, sharing of content, accessibility, dan credibility di Sanggar Seni Pelangi Entertaiment diketahui telah dimanfaatkan secara baik dan benar sebagaimana terdapatnya dasar-dasar pedoman maupun contoh dari pengupayaan yang mampu diterapkan oleh sanggar sendiri dalam melakukan segala proses kegiatan social media marketing di media sosial Instagram.
Unduhan
Referensi
Atmoko, D. B. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.
Enterprise, J. (2021). Instagram Untuk Bisnis, Hobi, dan Desain Grafis. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Salim, P., & Yenny, S. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.
Taprial, V., & Priya, K. (2012). Understanding Social Media. London: Ventus Publishling Aps.
Zahay, D. (2015). Digital Marketing Management A Handbook for the Current (or Future) CEO. New York: Business Expert Press, LLC.
Abu-Rumman, H., & Alhadid, A. Y. (2014). The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan. Rev. Integr. Bus. Econ. Res, 3(1), 335. www.sibresearch.org
Amirudin, A., & Triyono, S. (2018). Expositive Acts on Instagram: Knowing What People Intent to “Write” on their Captions through Pragmatics Perspective. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(4), 129. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.7n.4p.129
Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35448/jte.v12i2.4456
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270