PENANGANAN KECEMASAN PERFORMA MUSIKAL PADA SOLIS GITAR AHLI KETIKA SEBELUM DAN SAAT TAMPIL DALAM PERLOMBAAN

Penulis

  • Eko Agus Saputro Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v3i2.996

Kata Kunci:

gitar, kecemasan, musikal, performa, solis, penanganan

Abstrak

Kecemasan performa musikal merupakan masalah yang umum terjadi di kalangan musisi. Musisi profesional diketahui memiliki tingkat kecemasan yang lebih optimal dibandingkan dengan musisi pemula atau menengah. Penelitian ini mengeksplorasi gejala serta strategi penanganan kecemasan performa musikal yang dialami dan dilakukan oleh solis gitar profesional khususnya pada genre klasik. Wawancara dilakukan terhadap tiga solis gitar yang telah meraih posisi 3 besar dalam kompetisi gitar klasik selama tahun 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa solis gitar profesional juga mengalami kecemasan performa musikal ketika sebelum dan pada saat tampil dalam pertunjukan, namun mereka dapat mengatasnya sehingga tetap mampu tampil optimal. Kecemasan tertinggi dialami pada saat malam sebelum kompetisi. Gejala yang muncul berupa gejala kognitif, somatik, dan perilaku. Strategi penanganan yang dilakukan untuk mengatasi kecemasan ini adalah dengan menangnai teknik permainan, melakukan simulasi pertunjukan secara rutin, membuat afirmasi dan menjaga pikiran tetap positif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Biasutti, M., & Concina, E. (2014). The role of coping strategy and experience in predicting music performance anxiety. Musicae Scientiae, 18(2), 189–202.

https://doi.org/10.1177/1029864914523282

Cohen, S., & Bodner, E. (2019). Music performance skills: A two-pronged approach – facilitating optimal music performance and reducing music performance anxiety. Psychology of Music, 47(4), 521–538.

https://doi.org/10.1177/0305735618765349

Fathiawati, A. S., & Sawitri, D. R. (2020). Hubungan Antara Perfeksionisme dan Music Performance Anxiety Pada Mahasiswa Pemain Orkestra. Jurnal Empati, 10(2), 94-100.

Folkman S. (2013) Stress: Appraisal and Coping. In: Gellman M.D., Turner J.R. (eds) Encyclopedia of Behavioral Medicine. Springer, New York, NY. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1005-9_215

Gufen, Elif. (2015). Levels of music performance anxiety and test anxiety of Turkish prospective music teachers in piano exams. International Journal of Music Education.

Harackiewicz, Judith & Barron, Kenneth & Tauer, John & Elliot,

Andrew. (2002). Predicting Success in College: A Longitudinal Study of Achievement Goals and Ability Measures as Predictors of Interest and Performance From Freshman Year Through Graduation. Journal of Educational Psychology. 94. 562-575. 10.1037/0022-0663.94.3.562.

Kenny, Dianna & Driscoll, Timothy & Ackermann, Bronwen. (2012). Psychological well-being in professional orchestral musicians in Australia: A descriptive population study. Psychology of Music. 42. 210-232. 10.1177/0305735612463950.

Kenny, D.T. (2016). Music performance anxiety: Theory, assessment and treatment. LAP LAMBERT Academic Publishing

Kokotsaki, D. and Davidson, J. W. (2003) 'Investigating musical performance anxiety among music college singing students: a quantitative analysis.', Music education research., 5 (1). pp. 45-59.

Matei, Raluca & Ginsborg, Jane. (2017). Music performance anxiety in classical musicians – what we know about what works. British Journal of Psychiatry International. 14. 33-35. 10.1192/S2056474000001744.

Mcgregor, Holly & Elliot, Andrew. (2002). Achievement Goals as Predictors of Achievement-Relevant Processes Prior to Task Engagement. Journal of Educational Psychology - J EDUC PSYCHOL. 94. 381-395. 10.1037/0022-0663.94.2.381.

Osborne, Margaret. (2016). Psychological Skills to Support Performance Under Pressure.

Osborne, Margaret. (2016). Building performance confidence. 10.1093/acprof:oso/9780198744443.003.0023.

Pecen, E., Collins, D. J., & MacNamara, Á. (2018). “It’s Your Problem. Deal with It.” Performers’ Experiences of Psychological Challenges in Music. Frontiers in Psychology, 8.

Pietra, Jane. (2019). Intervensi Guided Imagery untuk Menurunkan Kecemasan Performa Musikal pada Siswa-siswi yang Mengalami Kecemasan Performa Musikal. Journal of Psychological Science and Profession

Pratiknyo, Yosephine Livia. (2016). Analisis Faktor Music Performance Anxiety pada Pelajar Musik Remaja di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya.

Roland, David. (1994). How Professional Performers Manage Performance Anxiety. Sage Journals.

Rosalinda, Irma & Artissy, Michelle. (2016). Traits Kepribadian “The Big Five” dan Musical Performance Anxiety (MPA) Pada Musisi. Jppp - Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. 5. 57-62. 10.21009/Jppp.052.01.

Spahn, C., Walther, J.-C. & Nusseck, M. (2016) The effectiveness of a multimodal concept of audition training for music students in coping with music performance anxiety. Psychology of Music, 4, 893–900

Diterbitkan

2021-07-29

Terbitan

Bagian

Articles