Identitas Visual Wisata Rafting Goa Pindul Gunung Kidul

Penulis

  • Hendra Maulana Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur
  • Aris Sutejo Desain Komunikasi Visual Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v5i1.2074

Kata Kunci:

Identitas Visual, Rafting, Goa Pindul

Abstrak

Wisata rafting goa pindul memiliki keunikan penelusuran goa dengan cara tubing menyusuri aliran sungai yang ada di bawah permukaan goa. Wisata rafting goa pindul lokasinya berdekatan dengan wisata goa lainnya sehingga perlu identitas visual yang membedakan wisata rafting goa pindul dengan goa disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap identitas visual wisata rafting goa pindul. Menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identitas visual wisata rafting goa pindul merepresentasikan petualangan wisata yang memacu adrenalin. Brand arsitektur wisata rafting goa pindul meliputi river tubing oyo, caving glatik, dan tubing goa pindul dengan menerapkan warna yang berbeda sesuai dengan karakteristiknya masing-masing.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chyki, Febriana.F.D., Rizkiantono, R. Eka. 2013. Perancangan identitas visual kampung sepatu sandal krian sebagai kampung wisata industri di sidoarjo. Jurnal Sains dan Seni POMITS. 2(1): 23-27.

Rustan, Surianto. 2013. Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Media Group.

Yusantiar, Renta., Soewardikoen, Didit Widiatmoko. 2018. Perancangan Identitas Visual Untuk Promosi Pariwisata Kabupaten Rembang. Jurnal Andharupa. Vol 4(2): 207-2020

Diterbitkan

2023-01-22

Terbitan

Bagian

Articles