Perancangan Puzzle Untuk Menanamkan Nilai Kebhinekaan Pada Anak Usia 6-10 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.51804/ijsd.v4i2.1715Kata Kunci:
Anak Usia 6 -10 tahun, Nilai Kebhinekaan, PuzzleAbstrak
Belakangan ini, isu intoleransi gencar diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Bahkan kemunculan sikap ini sebagai bagian dari ideologi para pemikirnya. Menyikapi persoalan ini, ternyata bisa dilakukan dengan menanamkan nilai kebhinekaan sejak dini. Menggunakan media yang ramah anak, yakni puzzle kebhinekaan Metode yang digunakan dalam perancangan ialah metode Design Thinking oleh Tim Brown, yang terdiri dari Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Perancangan ini mempunyai tujuan untuk membantu memberikan solusi dalam desain komunikasi visual terkait tentang pembelajaran pendidikan karakter kebhinekaan kepada anak usia 6-10 tahun. Hasil perancangan menunjukkan bahwa terdapat 5 sketsa dalam puzzle untuk nilai kebhinekaan. Masing-masing sketsa menunjukkan penerapan dari nilai-nilai setiap sila. Manfaatnya ialah memberikan informasi mengenai karakter kebhinekaan serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus sebagai acuan referensi untuk perancangan serupa di lain hari.
Unduhan
Referensi
Abdurrahman, F. (2017). Merawat Kebhinekaan Indonesia Sejak Usia Dini. https://alpha-i.or.id/kabar-alpha-i/merawat-kebhinekaan-indonesia-sejak-usia-dini/
Afifudin. (2021). Perancangan Komunikasi Visual Daur Ulang Sampah Plastik Menggunakan Teknik Molding dari Aktivitas Pendakian Gunung. INVENSI (Jurnal Penciptaan Dan Pengkajian Seni), 6(1), 25–39. https://doi.org/10.24821/invensi.v6i1.5340
Brenner, W., & Uebernickel, F. (2016). Design Thinking For Innovation: Research And Practice. Design Thinking for Innovation: Research and Practice, 1–219. https://doi.org/10.1007/978-3-319-26100-3
Brown, Tim. 2009. Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation. Harper Collins Publisher.
Fakta, T. C. (2018). Klarifikasi Lengkap Pemotongan Nisan Salib di Makam Kotagede Yogyakarta. https://regional.kompas.com/read/2018/12/21/08565691/klarifikasi-lengkap-pemotongan-nisan-salib-di-makam-kotagede-yogyakarta?page=all
Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.51
Matraji, U. (2017). Mewaspadai Wabah Intoleransi di Sekolah. https://news.detik.com/kolom/d-3520475/mewaspadai-wabah-intoleransi-di-sekolah
Nisak, Raisatun. 2011. Lebih Dari 50 Game Kreatif Untuk Aktivitas Belajar –Mengajar. Jogjakarta: Diva Press
Oebadillah, S. (2017). Jangan Tularkan Intoleransi ke Anak-Anak. mediaindonesia.com. https://mediaindonesia.com/humaniora/98521/jangan-tularkan-intoleransi-ke-anak-anak
Pertana, P. R. (2018). 9 Orang yang Diciduk Terkait Pembubaran Sedekah Laut Dipulangkan. news.detik.com.
Yaumi Muammad. 2014. Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Grup