Desain Karakter Media Edukasi untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Rasa Berani Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.51804/ijsd.v7i2.16920Kata Kunci:
Anak Prasekolah, Boneka Tangan, Buku Cerita Interaktif, Desain Karakter, Media Edukasi, Kepercayaan DiriAbstrak
Anak usia prasekolah (3–6 tahun) berada dalam masa penting perkembangan emosional dan sosial, namun banyak dari mereka mengalami rasa malu yang berlebihan sehingga berdampak pada rendahnya kepercayaan diri dan keberanian. Penelitian ini bertujuan merancang karakter edukatif yang relatable secara visual untuk membantu anak pemalu membangun keberanian dan rasa percaya diri. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literatur. Analisis dilakukan menggunakan pendekatan 5W+1H untuk merumuskan atribut visual berdasarkan kondisi psikososial anak. Hasil perancangan berupa dua karakter utama—Rana dan Galang—yang merepresentasikan sifat pemalu dan percaya diri, disajikan dalam bentuk buku cerita interaktif dan boneka tangan. Karakter didesain dengan ekspresi emosional yang jelas, warna yang lembut, dan ciri khas yang mudah dikenali oleh anak usia dini. Perancangan ini menunjukkan bahwa pendekatan visual yang disesuaikan dengan kondisi emosional anak dapat meningkatkan keterhubungan mereka terhadap media edukasi, sekaligus mendukung proses belajar yang lebih partisipatif dan bermakna.
Unduhan
Referensi
A. Awal,. (2018). Ontology Development for the Domain of Software Requirement Elicitation Technique. International Journal of Engineering Research And, V7(04). https://doi.org/10.17577/ijertv7is040237
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Mahpudin, M., & Priatin, S. (2020). Konsep Diri dengan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2). https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2532
Bhatia, M. S., & Goyal, A. (2018). Anxiety disorders in children and adolescents: Need for early detection. Journal of postgraduate medicine, 64(2), 75-76.
Fakhrudin, A., & Inayati, A. U. (2015). Pengembangan Media Boneka Tangan Pada Tema Lingkungan Kelas Ii Sd Negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN: “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” (November), 80–85.
Hanifah, S., Kurniati E. (2024). Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mengelola Emosi Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7 (1), 26–33. https://doi.org/10.22460/ceria.v7i1
Mansur, A. R. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Andalas University Pres, (Vol. 1, pp. 1–86). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33035/1/IstiqomahAprilaz-FKIK.pdf
Mayasari, A. T., Wasirah, S., Ati, P. D., Malinda, H., Khotipah, S., & Soresmi, S. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Prasekolah. Journal of Current Health Sciences, 1(2), 63–68. https://doi.org/10.47679/jchs.202110
Nurjanah, Ayu Putri., Anggraini, Gita. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. Retrieved from www.jleukbio.org
Prof. Dr. Mukhtar, M. P. (2017). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Journal of Experimental Psychology: General, 136(1), 23–42. Retrieved from http://kc.umn.ac.id/5548/1/BAB II.pdf
Rachman, A., Yochanan, E., & Samanlangi, A. I. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Saba Jaya Publisher.
Rahman, A., Sari, N. M. W., Fitriani, Sugiarto, M., Sattar, Abidin, Z., … Alaslan, A. (2022). Metode Penelitian Ilmu Sosial. (A. Masruroh, Ed.), Asik Belajar (pp. 19–21). Widina Bhakti Persada.
Salsabila, S. (2024). Budaya Isin: Gambaran Psikologis Rasa Malu Pada Anak Usia Perempuan dan Anak Laki-Laki Usia 14 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.1215
Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung?: CV. Alfabeta.
Winnuly, W., Fauziah, P., Triana, R., & Susanti, T. (2023). Pengembangan media pembelajaran pop-up storybook interaktif untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak , 12(1), 36-48. doi:https://doi.org/10.21831/jpa.v12i1.57660
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Shabrina Aulia Putri, Bayu Setiawan, Sri Wulandari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.