Perancangan Komik Digital Webtoon Sejarah Kepemimpinan Khalid Bin Walid pada Peristiwa Perang Yarmuk Menggunakan Gaya Manhwa untuk Remaja

Penulis

  • Muhammad Azimi Rohali institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Fentisari Desti Sucipto Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Mustafa Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i02.16612

Kata Kunci:

Khalid bin Walid, Komik , Manhwa, Pertempuran Yarmuk, Sejarah Islam, Webtoon

Abstrak

Khalid bin Walid adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang diberikan julukan “Saifullah Al- Maslul” artinya pedang Allah yang terhunus. Khalid bin Walid merupakan sosok yang tidak pernah dikalahkan dalam perang dan yang membuat reputasinya meningkat saat peristiwa Perang Yarmuk yang terjadi pada tahun 636 M. Namun dari pengumpulan data yang diambil banyak orang yang tidak mengetahui sejarah Perang Yarmuk bahkan Khalid bin Walid. Mengetahui hal tersebut, maka dibuatlah perancangan komik sejarah Khalid bin Walid dalam peristiwa Perang Yarmuk ini dengan gaya Manhwa. Manhwa merupakan bahasa yang berasal dari Korea Selatan yang berarti komik. Selain itu sering juga disebut sebagai cara seorang seniman menggambar yang mengarah pada gaya Manhwa yang banyak diminati remaja zaman sekarang. Remaja merupakan perubahan perkembangan antara anak-anak dan orang dewasa.Metode Perancangan yang digunakan dalam pembuatan komik ini ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Perancang dapat memahami proses pembuatan karya sekaligus menganalisis data yang telah didapatkan. Komik telah diimplementasikan pada platform Webtoon agar dapat mudah diakses dan tidak berbayar. Oleh karena itu, Komik yang berjudul “Khalid bin Walid : Pertempuran Yarmuk” ini dapat mencapai target pembaca secara luas dan meningkatkan pemahaman, informasi serta edukasi yang inspiratif tentang Sejarah Islam.Hasil dari perancangan komik yang berjudul “Khalid bin Walid : Pertempuran Yarmuk” ini telah diunggah pada platform Webtoon. Webtoon merupakan tempat baca komik yang mudah diakses dan populer dikalangan remaja serta dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menambah wawasan dari cerita sejarah yang telah diangkat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brata, Y. R., & Gustina, R. D. (2019). Peranan Abu Ubaidah Bin Jarrah Dalam Perang Yarmuk Tahun 636 M. Jurnal Artefak, 2(1), 45–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/ja.v2i1.303

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.

Khairina, A. (2018). Pengaruh Aplikasi Line Webtoon Terhadap Minat Remaja Membaca Komik Digital. In Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung. https://doi.org/10.1098/rspb.2014.1396%0Ahttps://www.uam.es/gruposinv/meva/publicaciones jesus/capitulos_espanyol_jesus/2005_motivacion para el aprendizaje Perspectiva alumnos.pdf%0Ahttps://www.researchgate.net/profile/Juan_Aparicio7/publication/253571379_L

Lubis, S. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Bentuk Pendidikan Dan Pelatihan Di Kantor Bappeda. In Universitas Medan Area (Vol. 1). Universitas Medan Area.

Mamoto, N., Sumampouw, I., & Undap, G. (2018). Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw Ii Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1), 1–11.

Nugroho, S. A., Rudjiono, D., & Rahmadhika, F. (2021). Perancangan Identitas Perusahaan Dalam Bentuk stationery Desain Di Rumah Kreasi Grafika. Pixel?:Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 14(1), 48–57. https://doi.org/10.51903/pixel.v14i1.456

Reflinaldi. (2017). Abthal Al-Yarmuk: Upaya Rekonstruksi Semangat NasionalismeTimur dalam Melawan Hegemoni Barat. Diwan: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 9(17), 645–659. https://doi.org/10.15548/diwan.v9i17.137

Rohmah, T. (2022). Strategi Peperangan Khalid Bin Walid Dalam Perang Mu’Tah Dan Perang Yarmuk. JSI: Jurnal Sejarah Islam, 1(01), 95–109. https://doi.org/10.24090/jsij.v1i1.6642

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus?: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560

Shiddiq, M. (2023). Perancangan komik bertema cyberbullying untuk remaja. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh.

Soedarso, N. (2015). Komik: Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6(4), 496.

Surya, S., & Lubis, I. S. (2019). Studi kasus tentang minat baca anak. Seminar Bahasa, Sastra, Dan Seni, 524–541.

Tue. (2021). Addie, Model Pembelajaran Efektif Dan Solutif Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Padmanaba. https://sma3jogja.sch.id/blog/addie-model-pembelajaran-efektif-dan-solutif-dalam-penulisan-karya-ilmiah/

Ulum, S. (2022). Khalid bin Walid: Menyelami Kisah Heroik Sang Pedang Allah yang Tak Terkalahkan. Anak Hebat Indonesia.

Zagita, N. I., & Sukandar, R. (2021). Pandangan Masyarakat Indonesia Terhadap Budaya Korea Selatan?: Studi Kasus Manhwa Noblesse pada Aplikasi Line Webtoon Indonesian Society ’ s View of South Korean Culture?: A Case Study of Manhwa Noblesse in the Line Webtoon Application. Commentate: Journal of Communication Management, 2(1), 78–93.

Zainuddin. (2020). Makna Pahlawan Dalam Islam. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. https://uin-malang.ac.id/r/201101/makna-pahlawan-dalam-islam.html

Diterbitkan

2024-07-30

Terbitan

Bagian

Articles