Perancangan Board Game Interaktif “Wonderful Of Surah” Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Surat Pendek Pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i1.16494Kata Kunci:
Belajar, Board game, Media pembelajaran, Perancangan, Surat pendek, TPQAbstrak
Pada pembelajaran yang ada pada TPQ Baitul Mukminin, menggunakan media berupa jus amma. Dimana permasalahan yang terjadi ialah desain media pembelajaran yang monoton dan kurang menarik, serta desain yang hanya berwarna hitam putih. Yang menyebabkan murid-murid kurang tertarik dengan media tersebut sehingga mengganggu proses pembelajaran murid-murid pada TPQ Baitul Mukminin. Media pembelajaran dibuat dengan tujuan membuat media pembelajaran menjadi interaktif dan menyenangkan agar murid TPQ Baitul Mukminin dapat meningkatkan minat dan semangat membaca, menghafal serta menulis surat pendek pada murid, dengan analisis data menggunakan analisis SWOT atau metode analisis data yang digunakan untuk menilai kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Treats) pada objek penelitian. Perancangan ini mebuahkan hasil berupa board game yang berjudul “Wonderful of Surah” sebagai media pembelajaran untuk murid TPQ Baitul Mukminin yang berumur 8-12 tahun sehingga dapat menjadi media pembelajran yang dapat membuat murid senang belajar surat pendek maupun doa sehari-hari.
Unduhan
Referensi
Hanif, M. F., & Sulaiman, A. M. (2021). Perancangan Komunikasi Visual Boardgame Mengenal 25 Rasul Dalam Islam. 3(2), 179–193.
Himmamie, Y., Adi, S., & Ratih, suci puspita. (2019). Pengembangan Permainan Papan ( Board Game ) Edukatif Sebagai Media Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Sekolah. 1(2), 164–175.
Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar (Cet. 1). Deepublish.
Rahmawati, dina nuzulul, & Dwiyanti, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Kinestetik Anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017. 4, 44–49.
Ratminingsih, N. M. (2020). Implementasi board games dan pengaruhnya terhadap hasil belajar bahasa inggris. 24(1), 19–28.
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [ Teacher ’ S Efforts In Building Student Interaction Using A Game Based Learning Method ]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146–163.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan The Role Of Instructional Media To Improving. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Terananda, nabila zuhroh, Mariono, A., & Arianto, F. (2020). Efektivitas Media Board Games Digital Pada Materi Degree of Comparison Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP di Surabaya. 5(2), 67–77.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini. 15(1), 159–176.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Moh Cholisatur Rizaq, Muhamad Dion Sadila
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.