Perancangan Promosi Wisata Desa Kare Berbasis Videografi
DOI:
https://doi.org/10.51804/ijsd.v6i1.16493Kata Kunci:
hidden heaven, promosi wisata, videografiAbstrak
Desa Kare terletak di lereng Gunung Wilis sebelah barat, tepatnya di kecamatan Kare, kabupaten Madiun Jawa Timur. Terdapat empat obyek wisata hutan dan air terjun yang berdekatan jaraknya antara lain: Hutan Pinus Nongko Ijo, Air terjun Slampir, Air terjun Banyu Lawe, Air terjun Krecek denu. Perancangan videografi ini bertujuan untuk promosi sekaligus memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Madiun. Perancangan videografi ini dibuat dengan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, literatur dan eksiting. Hasil dari perancangan videografi ini menciptakan konsep “Hidden Heaven” di tayangkan di youtube dan media sosial lainnya, sehingga akan muncul rasa penasaran bagi wisatawan dan traveler yang ingin mencari destinasi baru, sebagai karya penunjang promosi di buat pula poster, gantungan kunci, mini x-banner dan stiker untuk menarik minat wisatawan agar mengunjungi Kabupaten Madiun, selain itu mempromosikan wisata Desa Kare Madiun yang bisa dinikmati di berbagai media.
Unduhan
Referensi
Adriano, So. 2015. Perancangan Video Promosi Wisata Kuliner di Kota Ambon
Alban Ismail, Siswo Martono. 2016. Perancangan Promosi Wisata Pantai Berbasis Videografi Sebagai Upaya Pengenalan Pariwisata Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Alpha Dian Tamalanrea. 2018. Perancangan vidio promosi candi-candi di Trowulan sebagai upaya mengenalkan wisata sejarah Mojokerto
A.J,Muljadi. 2012. Kepariwisataan dan perjalanan. Jakarta : Raja grafindo
Ariesto Hadi, Sutopo dan Andrianus Arief. 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif. Jakarta : Prenada media group.
Bungin, Burhan. 2001. Metodologi penelitian Sosial : Format-format kuantitatif dan kualitatif. Surabaya: Airlanga Universitas press.
Cubbit. S. 1993. Vidiography: Vidio media as art culture . Melbourne: pelgrave Macmillan
Cumnmnis, Julian. 1991. Promosi penjualan, Jakarta. binarupa aksara
Creswell, J. W, (2010). Research desain: pendekatan kualitatif, kuantitatif & mixed. Yogyakarta: PT. Pustaka pelajar.
Yogyakarta: PT. Pustaka pelajar.
Firdaus, M. Yusuf. 2017. Perancangan Media Promosi Wisata Kayangan Api Berbasis Videografi Sebagai Upaya Pengenalan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro.
Harjanto, Rudi. 2009. Prinsip prinsip periklanan .Jakarta : gramedia
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Jakarta : Erlangga
Wicaksono, Candra Dwi. 2018. Perancangan Video Online Desa Pengrajin Patung Batu di Watesumpak Trowulan Sebagai Upaya Mengenalkan Kepada Masyarakat.
Kasali, Rhenald. 2000. Membidik pasar Indonesia, segmentasi targeting positionong. Jakarta : Gramedia.
Kotler, Philip and Garry Amstrong. 2013. Principal of marketing 6th european edition. new jersey. pearson education limited.
Kusmiati, Artini R dkk. 1999. Teori dasar desain komunikasi visual . jakarta : djambatan.
Marpaung , Happy, Herman Bahar . 2000. Pengantar pariwisata, Bandung: penerbit alfabeta.
Pendit nyoman s. 1967. Pengantar ilmu pariwisata. Jakarta : Pradnya paramita.
Rangkuti, Freddy . 2009. Strategy Promosi yang kreatif , Jakarta : Gramedia.
Sachari, Agus. 2005. Pengantar Metodologi Penelitian Budaya Rupa. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Suwantoro, Gamal 2004. Dasar-dasar pariwisata. Yogyakarta : Andi.
Supriyono, Rachmat. 2010. Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
Sanyoto, Sadjiman. 2009. Nirmana elemen-elemen seni dan desain.Yogyakarta : jalasutra.
Sarwono Jonathan dan Lubis Hary. 2007. Metode riset untuk desain desain komunikasi visual. Yogyakarta penerbit : Andi offset.
Wijaya sukma, Bambang 2011. Iklan ambient media konsep strategi dan implementasi . Malang : UB Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mochamad Zainal Abidin, Renny Nirwana Sari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.