THE ANCIENT ART OF SUMINAGASHI: Analisis Eksplorasi Teknik dan Ekspresi Artistik dalam Seni Media Baru
DOI:
https://doi.org/10.51804/ijsd.v7i2.16972Keywords:
Marbling, Seni Media Baru, SuminagashiAbstract
Teknik Suminagashi merupakan teknik pengolahan seni tradisional Jepang yang kembali naik daun di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan, namun teknik ini belum begitu sepenuhnya dikenal dan belum banyak diterapkan. Pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kasus eksploratif menjadi pisau bedah untuk mengkaji proses kreatif, adaptasi eksplorasi teknik dan konseptual yang terkandung didalam implementasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik eksplorasi terbagi menjadi dua yaitu kontrol terstruktur yang menghasilkan pola berbentuk statis dan dapat di direplikasi secara konsisten dan kontrol tidak terstruktur yang menghasilkan pola berbentuk abstrak yang memungkinkan variasi pola tak terbatas, tidak terduga dan organik. Pada ranah ekspresi artistik, teknik ini sebagai medium meditative yang memungkinkan proses penciptaan seni terlibat secara reflektif dan intuitif yang sangat khas serta menjadi metode praktik penciptaan seni yang menyatukan filosofi Zen dengan impermanence principe (prinsip ketidaktetapan). Penelitian ini menegaskan bahwa eksplorasi ini membuktikan bahwa Suminagashi mampu beradaptasi secara inovatif dalam beragam praktik seni media baru, khususnya dalam generative art, seni instalasi, dan desain grafis. Fleksibilitasnya sebagai teknik analog membuka potensi besar untuk kolaborasi dengan media digital, memperluas jangkauan interdisipliner dalam seni lintas medium.
Downloads
References
https://negareh.shahed.ac.ir/article_4762_en.html?lang=en
Chambers, Anne. (1991). Suminagashi: The Japanese Art of Marbling, a practical guide. Thames & Hudson Ltd. UK https://cir.nii.ac.jp/crid/1130282269416207744
Costa, C., & Cunha, J. (2025). Study of Sustainable Thickeners for the Development of the Marbling Technique in Textiles. In FL_Fashion & Sustainability International Conference (pp. 249-262). Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-031-80991-0_23
Junaedi, Deni. (2017). Estetika: Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai. ArtCiv. Yogyakarta
Kadafi, M. R., & Agustina, R. (2022). Kajian Tradisi Membangun Rumah Adat Kampung Bena, Flores. DESKOVI: Art and Design Journal, 5(2), 161-167. https://doi.org/10.51804/deskovi.v5i2.2002
Kadaf, M. R. (2019). Bentuk Arsitektur Interior Rumah Adat Kampung Bena, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Doctoral dissertation, ISI Yogyakarta). http://digilib.isi.ac.id/4112/
Kizilaslan, N., & Kozlu, D. (2024) Reflections of Technology and Digitalization on Traditional Turkish Arts. Medeniyet Sanat Dergisi, 10(2), 227-250. https://dergipark.org.tr/en/pub/medeniyetsanat/issue/88100/1609494
Laxmita, N. A., Nursruwening, Y., Widyandini, W., Kautsar, A. R. R., & Sari, N. I. (2024). Pelatihan Pembuatan Ornamen Dekoratif Suminagashi pada Media Kain Bagi Gabungan Organisasi Wanita di Banyumas. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 189-197. https://doi.org/10.54259/pakmas.v4i1.2840
Li, W., Jiang, J., & Wen, Z. (2025). Practice of Computer Aided Design and Multimodal Integration in New Media Art. Computer-Aided Design and Applications Journal. https://doi.org/10.14733/cadaps.2025.S3.215-229
Maksimovic, Natascha. (2024). Paper Marbling: Learn in a Weekend, experiment with the colorful modern aesthetic of this versatile craft. Skittledog. UK https://books.google.co.id/books/about/Paper_Marbling.html?id=g5NnHQAACAAJ&redir_esc=y
Mcnair, R., Jensen, O. E., & Landel, J. R. (2024). Confinement-induced drift in Marangoni-driven transport of surfactant: a Lagrangian perspective. Journal of Fluid Mechanics, 986, A5. https://doi.org/10.1017/jfm.2024.334
Miles,Matthew B. Huberman,A. Michael Saldana,Johnny. (2018). Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook:4th edition. SAGE Publications, Inc. USA https://collegepublishing.sagepub.com/products/qualitative-data-analysis-4-246128
Miura,Einen. (1991). The Art of Marbled Paper: Marbled Patterns and How to Make Them. Kodansha International. USA https://cir.nii.ac.jp/crid/1130282269883127936
Ståhl, Irma Schlaucher. (2023). Distorted imitations. Konstfack. University of Arts, Crafts and Design. Sweden https://www.diva-portal.org/smash/record.jsf?pid=diva2%3A1773535&dswid=3507
Wang, Y. (2025). The Blue Below Still Breathes. Masters Theses. Department of Printmaking of the Rhode Island School of Design, Providence Rhode https://digitalcommons.risd.edu/masterstheses/1495/
Widyaningrum, A., & Syamwil, R. (2022). Analisis Kualitas Suminagashi pada Kain Poliester Satin, Campuran Poliester, dan Crepe. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 10(1), 54-60. https://doi.org/10.15294/teknobuga.v10i1.26346
Wolfe, R. J. (1990). Marbled paper: its history, techniques, and patterns: with special reference to the relationship of marbling to bookbinding in Europe and the western world. University of Pennsylvania Press.
Wu, K. J., Kaimoto, H., Mansion, M., & Kakehi, Y. (2025). WETform: A Multimodal Water Experience Testbed with Surface Manipulation. In Proceedings of the Extended Abstracts of the CHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp.1-6). https://doi.org/10.1145/3706599.3721193
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muchammad Rizky Kadafi, Ahmad Prasetya Hady

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.