KORELASI SIMBOLISME WARNA DAN GERAK TARI: Studi Semiotika pada Pakaian dan Korelasinya dengan Koreografi pada Tari Tatak Garo-Garo Suku Batak di Provinsi Aceh Kota Subusslam

PDF

Authors

  • Indra Setiawan Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Magfhirah Murni Bintang Permata Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
  • Yulfa Haris Saputra Institut Seni Budaya Indonesia Aceh

##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:

https://doi.org/10.51804/ijsd.v7i01.16876

Keywords:

Tari Tatak Garo Garo, Warna, Gerak Tari, Koleras Simbolis

Abstract

Penelitian ini berjudul “Korelasi Simbolisme Warna Dan Gerak Tari : Studi Semiotika Pada Pakaian Dan Korelasinya Dengan Koreografi Pada Tari Tatak Garo-Garo Suku Batak Di Provinsi Aceh Kota Subusslam”, dipandang dari penggunaan simbol warna serta gerak  memiliki  pemaknaan yang bersifat simbolis tertentu  terkait dengan budaya, tradisi, dan nilai suku Batak. Tari Tatak garo-garo memiliki nilai Spiritualitas  Makna Mendalam , nilai simbolisme spiritual  tersebut  saling berkaitan antara warna pada Tari Taktak Garo-Garo yang dilakuakan, warna tertentu diasosiasikan dengan keyakinan keagamaan atau mitologi suku Batak, dan penggunaannya dalam  tari memiliki makna yang lebih dalam secara spiritual. Dengan mendiami wilayah aceh suku ini masih memiliki 2 kayakinan agama Kristen dan islam,Namun,interpretasi simbolisme warna dapat bervariasi tergantung pada keyakinan, persepsi, dan penafsiran, interpretasi tentang korelasi dan gerak tari menyimpan makna tentang  Kekuatan dan Keberanian Keseimbangan dan Harmoni. Pembedahan   korelasi  warna dan gerak dalam tarian "Tak Tak Garo Garo" dapat mencerminkan identitas budaya suku Batak dan rasa kebanggaan terhadap warisan budaya mereka. Tujuan  penelitian agar mengetahui  Korelasi Simbolisme Warna Dan Gerak Tari :Studi Semiotika Pada Pakaian dan Korelasinya Dengan Koreografi Pada Tari Tatak Garo-Garo Suku Batak Di Provinsi Aceh Kota Subusslam , metode peniltian yang dipakai adalah metode kualitatif yang dilakukan antaranya:studi literatur,dan wawancara mendalam.

Kata kunci:  Tari Tatak Garo Garo,Warna, Gerak Tari, Koleras Simbolis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, Fadillah. (2024) Desain Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Google Formuntuk Materi Tatak Garo-Garo Pada Siswakelas Viismp Islam Al-Ulumterpadu Medan. Jurnal Ruang Budayavol 1, No 2,(2024)22-37

Belinda Zainsjah, A., Sungkar, A., Pandanwangi, A., Sukapura Dewi, B., Daruni, D., Dea, D., ... & Yudiaryani, Y. (2024). Sosiologi Seni: Pendekatan dari Berbagai Disiplin ilmu

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta : Jalasutra

Hoed, Benny H. 2014. Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya Edisi Ke 3. Depok : Komunitas Bambu

Leandra, F. G., & Rahmawaty, D. (2024). Simbolisme Tokoh dan Makna Budaya Tari Reog dalam Identitas Karya Busana. Jurnal Desain-Kajian Bidang Penelitian Desain, 4(1), 537-549.

Lindsday, Jennifer (ed.). (1991). Klasik, Kitch, or Conyemporroy, A Study 0f the Javanese Performing Arts, Australia: Unversty Of Sydny Telisik Tradisi:

Koentjaningrat. 1977. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta. Aksara Baru. ____________. 1991. Pengantar Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Permata, M. M. B., Setiawan, I., & Wirandi, R. (2020). Nilai Filosofi Gerak Tari Guel pada Masyarakat Gayo di Kota Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Gondang, 4(1), 47-59.

Pramunto R.M. (2007) ( penyunting) Etnokoreologi Nusantara (Batas Kajian Sitematika dan aplikasi

Retnawati, N., Herdiani, E., & Alif, M. Z. (2024). Makna Gerak Tari dalam Pesta Badung Terhadap Kehidupan dan Sosial Masyarakat di Legokherang Kabupaten Kuningan . Inspirasi Edukatif: Jurnal Pembelajaran Aktif, 5(4).

Rusianingsih, T., & Timur, Y. F. S. (2020). Fungsi, Bentuk, dan Makna Gerak Tari Jaranan Turonggo Yakso Kecamatan Dhongko Kabupaten Trenggalek. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 4(2), 130-139.

Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Salsa, Hawwaa. (2023). Analisis Makna, Unsur Dan Fungsi Tari Ndayak Grasak. Gesture: Jurnal Seni Tari Vol XII, No 1, (2023), 47-58

Sentia Dewi, Aprina. (2020). Makna Gerak Dan Fungsi Tari Tajun Tandang Dalam Upacara Batatungkal Di Kabupaten Tanah Laut Kalimatan Selatan. Jurnal Imaji Vol. 18, No. 1, April 2020: 16 – 24.

Surachmad. (1990). Dasar dan Tehnik Reserch pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung: Sinar Harapan

Tofik Widodo. 2019. Makna Simbol Tradisi Tungguk Tembakau Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Fakultas Ushuluddin dan dakwah. Institut Agama Islam Negeri Surakarta

Downloads

Published

2025-01-20