ANALISIS STRATEGI PENJUALAN HASIL PRODUKSI STAINLESS OPTIC DENGAN METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (FAHP)
DOI:
https://doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.662Abstract
CV. JMS yang merupakan sebuah perusahaan di bidang industri matrial. Demi efektifitas pemenuhan pesanan dari konsumen maka perusahaan harus efektif untuk memilih penjualan dalam permintaan bahan. Sistem ini di bangun dengan basis sistem pendukung keputusan yang memiliki kemampuan untuk memilih penjualan dengan menggunakan metode AHP dan logika fuzzy-set atau bias di sebut Fuzzy Analytical Hirarchy Proses (FAHP). Pendapatan penjualan CV.JMS sesudah mengalami peningkatan pendapatan yang cukup baik. Peningkatan pendapatan penjualan meningkat karena penjualan dengan menggunakan metode Fuzzy Analytical Hirarchy Proses (FAHP). Hasil akhir hasil penjualan mengalami peningkatan rekomendasi dalam bentuk perangkingan dengan keterangan nilai bobot pada masing-masing subkriteria. Hasil akhir menunjukan dari subkriteria yang sudah di tentukan pada keterang di atas adalah kriteria k4 memiliki bobot terbesar dibandingkan dengan kriteria lainnya dengan nilai bobot 0.13007657. Selanjutnya diikuti secara berturut-turut kriteria k2 dengan nilai bobot sebesar 0.11194143, k1 dengan nilai bobot 0.10463821, k10 dengan nilai bobot 0.10331148, k5 dengan bobot 0.10305564, k7 dengan bobot 0.09496359, k9 dengan bobot 0.09461781, k8 dengan bobot 0.08831298, k3 dengan bobot 0.08741903, k6 dengan bobot 0.08166326.
References
Yenni Gunawan dan Dhyah Harjanti, SE., M. S. (2013). PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN KAYU PADA CV. KARYA JAYA NUSANTARA DI SURABAYA Yenni, 1(1).Ningsih, N., Pambudi, N. T., & Abadi, A. M. (2017). Penerapan Metode Fuzzy Mamdani untuk Memprediksi Penjualan Gula, 153–160.
Kusrini., (2007), Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Kepitusan, Edisi Pertama, Andi, Yogyakarta.
Fudhla, A. F. (2014). Decision Making Of Hand Tractor Gear Box Designs. Jurnal Teknik Industri, 14(2), 101–115.