ANALISIS KINERJA UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT X BERDASARKAN KRITERIA MALCOLM BALDRIGE

Authors

  • Setya Haksama Universitas Airlangga
  • M. Farid Dimyati Lusno Faculty of Public Health, Universitas Airlangga
  • Diansanto Prayoga
  • M. Rifqo Hafidzudin Farid
  • Syadza Syahrah Shedyta
  • Syahrania Naura Shedysni
  • Sri Wiwoho Mudjanarko

DOI:

https://doi.org/10.51804/jsh.v2i2.257.12-20

Keywords:

Malcolm Baldrige Performance Criteria, Performance Measurement, hospital performance

Abstract

Pengukuran kinerja di rumah sakit saat ini merupakan hal yang sangat penting dan perlu dilakukan terutama dalam kondisi persaingan pelayanan kesehatan di rumah sakit sangat ketat terutama terkait dengan kinerja pelayanan, sehingga tujuan penelitian ini adalah mengukur kinerja pelayanannya dengan baik dan seksama. Salah satu metode yang digunakan adalah pengukuran intsrumen kinerja berdasarkan MalcolmBaldrige Performance Criteria. Penelitian ini merupakan observasional analitik dengan disaincrosssectional yang bertujuan untuk melihat hubungan antar variabel. Jumlah responden 50 orang pegawai terdiri dari perawat, bidan, asisten perawat, dan asisten bidan di unit rawat inap Rumah Sakit X. Analisis data dari variabel penelitian dilakukan dengan penghitungan nilai dari kriteria kinerja Malcolm Baldrige. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja Rumah Sakit X berdasarkan profil organisasi memiliki skor 74,50; kepemimpinan 86,75 (72,29%); perencanaan strategis 66,50 (78,24%), fokus pelanggan 63,45 (74,62%); pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan 66,83 (74,25%), fokus operasi 64,28 (75,62%), dan skor hasil 348,65 dari 5 hasil yang memiliki 77,48%, dan kriteria sangat baik. Kinerja Rumah Sakit X termasuk dalam kategori sangat baik pada kriteria perencanan strategis, focus sumber daya manusia, focus operasional, dan kriteria hasil; dan pada kriteria kepemimpinan, focus pelanggan, dan pengukuran analisis dan manajemen pengetahuan berada pada kategori baik dengan nilai keseluruhan adalah 762.35 yang berada pada kategori sangat baik. Rekomendasinya adalah Rumah Sakit X tetap perlu fokus meningkatkan dan mempertahankan kinerjanya dengan senantiasa melakukan monitoring dan pengawasan pada kriteria dengan nilai sangat baik, dan perlu diukur secara terus menerus untuk melihat trend pelayanannya.

Author Biography

Setya Haksama, Universitas Airlangga

Faculty of Public Health

References

Abqari, U; Haksama, S. (2013). Organization Performance Analysis Based on Malcolm Baldrige in Inpatient Unit of dr.H. Moh. Anwar General Hospital Sumenep. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 1 Nomor 4 September-Desember 2013. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya. E-Mail: [email protected]

Al-Swidi, A.K. dan R. Mahmod. (2011). Fostering the Performance of Banks through Total Quality Management (TQM) Practices: A Bank Branches Perspective. European Journal of Social Sciences, Volume 19, Number 2 2011

Brown, M.G. (2008). Baldrige Award Winning Quality, Seventeenth Edition Covers the 2008 Award, How to Interpret the Baldrige Criteria for Performance Excellence. New York: CRC Productivity Press

Eker, M. dan S. Eker. (2009). An Empirical Analysis of the Association between the Organizational Culture and Performance Measurement Systems in the Turkish Manufacturing Sector. Journal of Economic and Social Research,11(2) 2009, 43-76

Fening, F.A., G. Pesakovic, dan P. Amaria. (2008). Relationship between quality management practices and the performance of small and medium size enterprises (SMEs) in Ghana. International Journal of Quality & Reliability Management, Vol. 25 No. 7, 2008 pp. 694-708

Gaspersz, V. (2011). Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard dengan Malcolm Baldrige dan Lean Six Sigma Supply Chain Management Contoh Implementasi pada Organisasi Bisnis dan Pemerintah. Bogor: Vinchristo Publication.

Haksama, S; Lusno, MFD. (2015). Effort to Improve The Quality Of Health Care Based On Spiderweb Matrix In Puskesmas X Region Y. Proceeding of The 2ndInternationalConference on Entrepreneurship 2015, which published in September 2015.

Haksama, S. (2016). Improving Health Care Based on CustomerSatisfaction Index in FakfakDistrict HospitalWest Papua Province. Proceeding of the Third InternationalConference on Entrepreneurship 2016. Book Two.

Kementerian Kesehatan RI. (2009). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta:Tidak dipublikasikan

Kotler, P. dan G. Armstrong. (2011). Principles of Marketing 14th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Markos, S. dan M.S. Sridevi. (2010). Employee Engagement: The Key to Improving Performance. International Journal of Business and Management, Vol.5 No.12 December 2010

National Institute of Standards and Technology. (2011). 2011–2012 Health Care Criteria for Performance Excellence. Gaithersburg: National Institute of Standards and Technology. http://www.nist.gov/baldrige/publications/upload/2011_2012_Health_Care_Criteria.pdf

Nurhapna; Haksama, S. (2014). Effect of Strategic Planning on the Hospital Performance. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 2 Nomor 2 April-Juni 2014. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya. E-mail: [email protected]

Sabarguna, B.S. (2011). Buku Pegangan Mahasiswa Manajemen Rumah Sakit Jilid 1. Jakarta: CV Sagung Seto

Seong, J.Y. (2011). The Effects of High Performance Work Systems, Entrepreneurship and Organizational Culture on Organizational Performance. Seoul Journal of Business, Volume 17, Number 1 (June 2011)

Serfontein, K. dan J. Hough. (2011). Nature of the relationship between strategic leadership, operational strategy and organisational performance. South African Journal of Economic and Management Sciences (Online) vol.14 no.4 Pretoria 2011.

Setiawan, S. (2011). Loyalitas Pelanggan Jasa, Studi Kasus Bagaimana Rumah Sakit Mengelola Loyalitas Pelanggannya. Jakarta: IPB Press

Sholihah, EM; Haksama, S. (2014). Influence of Leadership on the dr. Soegiri GeneralHospital Lamongan Performance. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Indonesia (JAKI), Volume 2 Nomor 4. Oktober-Desember 2014. ISSN 23033592. Published: 2014-04 TOC: 7. Halaman 272-280. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya. E-mail: [email protected]

Simanjuntak, P.J. (2011). Manajemen & Evaluasi Kinerja Edisi 3. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2018-10-01