PENDEKATAN INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS) UNTUK MENGUKUR KINERJA SEKOLAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.51804/jiso.v3i1.47-52Keywords:
IPMS, KPI, Pengukuran KinerjaAbstract
Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pendidikan Maarif 1 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo adalah sekolah menengah kejuruan memiliki jurusan Teknik antara lain yakni instalasi tenaga listrik, permesinan, komputer jaringan, elektronika industri, dan pengelasan. permasalahan yang dihadapi guru dalam memenuhi kriteria pembelajaran sesuai standar nasional adalah beban kerja yang lumayan berat sehingga terkadang bisa pulang hingga malam diluar jam kerja. Tujuan membuat penelitian ini adalah menentukan KPI yang bisa digunakan untuk mengukur kinerja sekolah secara menyeluruh dan mengukur kinerja sekolah berdasarkan metode (IPMS). Metode IPMS dinilai mampu untuk meningkatkan kinerja sekolah secara menyeluruh. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh 8 sub kriteria dengan 21 KPI. Untuk hasil 8 sub kriteria ketercapaian kinerja dengan nilai kurikulum 2,114, proses pembelajaran 1,544, kompetensi lulusan 0,549, penilaian 0,846, pendidik dan tenaga kependidikan 0,770, sarana dan prasarana 0,6, pengelolaan 0,456, pembiayaan 0,717, berdasarkan hasil pembobotan dan scoring maka didapatkan kinerja SMK YPM 1 Taman sebesar 7,596 maka dapat dikategorikan kinerja SMK YPM 1 Taman cukup baik.
References
Aziza, N., & Nurcahyo, Y. E. (2017). Model Rancangan Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Metode Integrated Performance Measurement System. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 33-40
Djojonegoro, W., & Slamet. (1998). Pengembangan sumberdaya manusia melalui sekolah menengah kejuruan (SMK). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2001). Strategy-focused organization: How balanced scorecard companies thrive in the new business environment/Robert S. Kaplan, David P. Norton.–Boston: Harvard Business School Press.
KURNIA, H. (2018). ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DA’WAH PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASURMENT SYSTEM (IPMS). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Wibowo, A. (2017). Manajemen pendidikan karakter di sekolah.
WIBOWO, S. P. (2018). USULAN PERBAIKAN KINERJA PERUSAHAAN (KPI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM DAN METODE OMAX DI PT. GLOBALINDO INTIMATES KLATEN JAWA TENGAH.
Widodo, I., & RAHARDJA, R. (2011). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Perusahaan Mebel PT. Jansen Indonesia). Universitas Diponegoro.
Yani, D. (2019). PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS)(STUDI KASUS: PT. SEJAHTERA PANCA JAYA PEKANBARU). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by JISO Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to JISO. The copyright transfer form can be downloaded here.
JISO has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
JISO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.