PENDEKATAN INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS) UNTUK MENGUKUR KINERJA SEKOLAH KEJURUAN

Authors

  • Mokhammad Arif Hidayatulloh Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v3i1.47-52

Keywords:

IPMS, KPI, Pengukuran Kinerja

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pendidikan Maarif 1 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo adalah sekolah menengah kejuruan memiliki jurusan Teknik antara lain yakni instalasi tenaga listrik, permesinan, komputer jaringan, elektronika industri, dan pengelasan. permasalahan yang dihadapi guru dalam memenuhi kriteria pembelajaran sesuai standar nasional adalah beban kerja yang lumayan berat sehingga terkadang bisa pulang hingga malam diluar jam kerja. Tujuan membuat penelitian ini adalah menentukan KPI yang bisa digunakan untuk mengukur kinerja sekolah secara menyeluruh dan mengukur kinerja sekolah berdasarkan metode (IPMS). Metode IPMS dinilai mampu untuk meningkatkan kinerja sekolah secara menyeluruh. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh 8 sub kriteria dengan 21 KPI. Untuk hasil 8 sub kriteria ketercapaian kinerja dengan nilai kurikulum 2,114, proses pembelajaran 1,544, kompetensi lulusan 0,549, penilaian 0,846, pendidik dan tenaga kependidikan 0,770, sarana dan prasarana 0,6, pengelolaan 0,456, pembiayaan 0,717, berdasarkan hasil pembobotan dan scoring maka didapatkan kinerja SMK YPM 1 Taman sebesar 7,596 maka dapat dikategorikan kinerja SMK YPM 1 Taman cukup baik.

Author Biography

Mokhammad Arif Hidayatulloh, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri

Fakultas Teknik

References

Aziza, N., & Nurcahyo, Y. E. (2017). Model Rancangan Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Metode Integrated Performance Measurement System. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 33-40

Djojonegoro, W., & Slamet. (1998). Pengembangan sumberdaya manusia melalui sekolah menengah kejuruan (SMK). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2001). Strategy-focused organization: How balanced scorecard companies thrive in the new business environment/Robert S. Kaplan, David P. Norton.–Boston: Harvard Business School Press.

KURNIA, H. (2018). ANALISIS PENGUKURAN KINERJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DA’WAH PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE INTEGRATED PERFORMANCE MEASURMENT SYSTEM (IPMS). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Wibowo, A. (2017). Manajemen pendidikan karakter di sekolah.

WIBOWO, S. P. (2018). USULAN PERBAIKAN KINERJA PERUSAHAAN (KPI) DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERFORMANCE PRISM DAN METODE OMAX DI PT. GLOBALINDO INTIMATES KLATEN JAWA TENGAH.

Widodo, I., & RAHARDJA, R. (2011). Analisis Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Perusahaan Mebel PT. Jansen Indonesia). Universitas Diponegoro.

Yani, D. (2019). PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN INTEGRATED PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEMS (IPMS)(STUDI KASUS: PT. SEJAHTERA PANCA JAYA PEKANBARU). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles