PERENCANAAN STRATEGI PT. X DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN STRATEGI

Authors

  • Gusti Adriansyah Progam Studi Teknik Industri Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, Indonesia
  • Adi Pramono Progam Studi Teknik Industri Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v2i1.37-42

Keywords:

manajemen strategi, matriks SWOT, strategi pertahankan dan pelihara

Abstract

PT. X merupakan home industry yang bergerak dibidang pembuatan knalpot di daerah Krian, kabupaten Sidoarjo. Hasil produksi knalpot PT. X ini sangat diminati oleh masyarakat luas, khususnya di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. Meski demikian, produk knalpot di Sidoarjo ini memiliki banyak kompetitor. Saat ini PT. X belum membuat perencanaan strategi dengan baik. Dari hasil survei, diketahui beberapa variabel lingkungan yang mempengaruhi perusahaan, diantaranya adalah lokasi PT. X, kegiatan promosi, jumlah tenaga kerja, dan jenis produk yang dihasilkan. Metode yang digunakan dalam penentuan strategi ini adalah metode analisis SWOT. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai tertimbang IFE sebesar 2,75 dan EFE sebesar 2,20.  Pada matriks IE menunjukkan posisi Home Industry PT. X berada pada kuadran V. Pada posisi kuadran ini, strategi yang terpilih adalah strategi pertahankan dan pelihara. Sedang pada matriks CPM skor tertinggi sebesar 3,51 merupakan nilai dari pesaing utama PT. X.

Author Biographies

Gusti Adriansyah, Progam Studi Teknik Industri Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, Indonesia

Fakultas Teknik

Adi Pramono, Progam Studi Teknik Industri Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, Indonesia

Fakultas Teknik,

References

David, F. R. (2006). Strategic Management (Manajemen Strategis). Salemba Empat, Jakarta.

Deswita, E. (2008). Analisis Strategi Bersaing Jasa Konsultan pada PT Sanjungan Consultant di Bandarlampung.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (judul asli: Marketing Management), edisi ketiga belas, jilid 1. Penerjemah Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Mufidatun, B. (2005). Strategi Bersaing pada Bauran Pemasaran PT Sunan Drajat Lamongan.

Rangkuti, F. (2001). Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis.

Supranoto, M. (2009). Strategi menciptakan keunggulan Bersaing produk melalui orientasi pasar, Inovasi, dan orientasi kewirausahaan Dalam rangka meningkatkan kinerja Pemasaran (Studi empiris pada: Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di kota Semarang). UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles