STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PADA APARTEMEN X DENGAN METODE HUMAN SIGMA
DOI:
https://doi.org/10.51804/jiso.v1i1.29-38Keywords:
IFE, EFE, Kualitas Layanan, Human Sigma, SWOT.Abstract
Perusahaan Apartemen X saat ini sedang berusaha untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggannya dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang dimiliki saat ini. Salah satu variabel yang dapat mempengaruhi peningkatan kualitas layanan adalah adanya ikatan emosional antara pelanggan, karyawan dan perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai keeratan hubungan antara karyawan, pelanggan dan perusahan dengan menggunakan Metode Human Sigma. Hasil perhitungan menunjukkan nilai hubungan pelanggan dengan perusahaan sebesar 40.9% dan nilai hubungan karyawan dengan perusahaan sebesar nilai 48.8% dan nilai dari Human Sigma sebesar 31.5%. Selanjutnya dilakukan analisis melalui matriks IFE, EFE dan SWOT yang bertujuan untuk menentukan strategi yang dapat diterapkan di perusahaan apartemen X sehingga nilai Human Sigma dapat semakin meningkat dan berdampak positif terhadap naiknya kinerja keuangan dan pelayanan di Apartement X.
References
Fleming, J. H., & Asplund, J. (2007). Human sigma: Managing the employee-customer encounter. Simon and Schuster.
Fornell, C., Johnson, M. D., Anderson, E. W., Cha, J., & Bryant, B. E. (1996). The American customer satisfaction index: nature, purpose, and findings. Journal of Marketing, 60(4), 7–18.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by JISO Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to JISO. The copyright transfer form can be downloaded here.
JISO has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
JISO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.