ANALISIS KEBERLANJUTAN SOSIAL LOGISTIK PANGAN PADA USAHA UMKM DI SENTRA WISATA KULINER CONVENTION HALL

Authors

  • Aftholul Bikar Bahrudin Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Azriel Syafajar Bilnadzary Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Moch Ferdy Sofansyah Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Evi Yuliawati Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:

https://doi.org/10.51804/jiso.v7i2.1-7

Keywords:

sistem logistik pangan, keberlanjutan sosial, sentra wisata kuliner

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengukur tingkat keberlanjutuan sosial dari UMKM yang ada di Sentra Wisata Kuliner (SWK) Convention Hall terutama dalam kaitannya dengan karyawan dan pelanggan. Pada penelitian ini penulis mengambil sampel 5 pemasok minuman ice juice dan menentukan dimensi yang menunjukkan kinerja yang baik dari para pemasok atau penjual adalah: karakteristik dan kesejahteraan kerja, kesehatan karyawan, implementasi dan hak asasi manusia, pelatihan dan pembelajaran, praktik inovasi. Hasil pembobotan yang menunjukkan bahwa terdapat 5 pemasok yang masing masing memiliki nilai rata-rata pada pemasok 1 : 40,4, pemasok 2 : 42,8, pemasok 3 : 41,8, pemasok 4: 41,5, pemasok 5: 40,3. Diketahui terdapat pemasok yang paling unggul yaitu pemasok 2, pada pemasok 2 terdapat 4 dimensi yang unggul yaitu karakteristik dan kesejahteraan karyawan dengan rata-rata nilai 43,3, implementasi dan hak asasi manusia dengan rata-rata nilai 42, pelatihan dan pembelajaran dengan rata-rata nilai 41,3, praktik inovasi dengan rata-rata nilai 44,3. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dimensi karakteristik dan kesejahteraan kerja mendapatkan nilai yang paling tinggi dalam pembobotan yang diberikan, artinya pemasok 1 sudah memenuhi aspek keberlanjutan sosial karena unggul pada dimensi karakteristik dan kesejahteraan kerja dari pemasok yang lain.


ABSTRACT
His research aims to evaluate and measure the level of social sustainability of MSMEs in the Culinary Tourism Center (SWK) Convention Hall, especially in relation to employees and customers. In this study the author took a sample of 5 ice juice drink suppliers and determined the dimensions that indicate good performance from suppliers or sellers, namely: work characteristics and welfare, employee health, implementation and human rights, training and learning, innovation practices. The weighting results show that there are 5 suppliers, each of which has an average value for supplier 1: 40.4, supplier 2: 42.8, supplier 3: 41.8, supplier 4: 41.5, supplier 5: 40, 3. It is known that there is the most superior supplier, namely supplier 2, in supplier 2 there are 4 superior dimensions, namely employee characteristics and welfare with an average value of 43.3, implementation and human rights with an average value of 42, training and learning with an average average score 41.3, innovation practices with an average score of 44.3. The research findings show that the dimensions of work characteristics and well-being get the highest scores in the weighting given, meaning that supplier 1 has fulfilled the social sustainability aspect because it is superior in the characteristics and work well-being dimensions of other suppliers.

References

Dikky Indrawan, R., Martianto, D., Setiawan, A., Saputra Arista, G., Septiani, S., Hustina Rachman, P., Ridwan, M., & Rakhmat, A. (2023). Kebijakan dan Strategi Logistik Mengatasi Hambatan Rantai Pasok Pangan saat Bencana. Policy Brief Pertanian, Kelautan, Dan Biosains Tropika, 5(3). https://doi.org/10.29244/agro-maritim.050320

Fadillah, A. N., & Ibrahim, H. (2023). Peran Etika Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Bisnis Internasional. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2494–2498. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13301

Nabila, A. S., & Nawangsari, E. R. (2022). Strategi Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Dalam Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Sentra Wisata Kuliner Wiyung Kota Surabaya. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 8(1), 135–144. https://doi.org/10.33506/jn.v8i1.1798

Nanu, S., Maruta, A., & Andayani, S. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Penggunaan Aplikasi Shopee Food Dan Aplikasi Go Food Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada UMKM Sentra Wisata Kuliner Convention Hall Surabaya. Sosialita, 1(1), 796–811.

Rahmi, A. (2017). Tanggung Jawab Perusahaan Dan Karyawan Dalam Islam. Al-Maslahah Jurnal Ilmu Syariah, 9(2), 19. https://doi.org/10.24260/almaslahah.v9i2.684

Sari, A. W., & Meirinawati, M. (2021). Manajemen Strategi Program Sentra Wisata Kuliner Urip Sumoharjo Oleh Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kota Surabaya. Publika, 105–118. https://doi.org/10.26740/publika.v9n1.p105-118

Siti Annisa Wahdiniawati et al. (2023). 24683-Article Text-79298-1-10-20240118. Keseimbangan Kehidupan Kerja: Mewujudkan Kesejahteraan Karyawan Melalui Manajemen Sdm Yang Berkelanjutan, 7, 1–11.

Suwitho, S., Dian Palupi, D. P., Iswara, U. S., & Setyabudi, T. G. (2023). Pelatihan Etika Bisnis, Manajemen Pemasaran Dan Pembukuan Sederhana Bagi Umkm Di Swk Taman Bungkul. Jurnal Kreativitas Dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 3(1), 30–35. https://doi.org/10.24034/kreanova.v3i1.5419

Taufiq, A. (2023). Peran Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan dan Sentra kuliner Terhadap Pendapatan Masyarakat. Sketsa Bisnis, 10(02), 134–153.

Yuli Ermawati, Moh.Sodikin, & Endah Supeni. (2023). Strategi Pemberdayaan Umkm Berbasis Sentra Wisata Kuliner Di Surabaya. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2(2), 390–404. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.192

Downloads

Published

2024-12-20