ANALISIS MANAJEMEN RISIKO TI PADA LAYANAN E – SIM DI SATLANTAS POLRES XXX MENGGUNAKAN ISO 31000:2018

Authors

  • Muhammad Wazirul Mubarok Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Putri Amelia Universitas Internasional Semen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v7i1.46-56

Keywords:

ISO 31000:2018, Layanan SIM Kepolisian, Manajemen Risiko TI

Abstract

The development of information technology and communication in the digital transformation era brings numerous benefits to humans, including easier access to information and faster, more economical, and efficient execution of various activities. Technology also facilitates the execution of various activities, such as the online issuance of Driving License (SIM) in the government sector (e-government). The Indonesian National Police (Polri) has implemented online SIM services through the SINAR (SIM Nasional Presisi) application to improve the quality of SIM issuance services to the public, enhance services, and build superior services for the public in SIM usage. This research employs the ISO 31000:2018 framework to identify and evaluate potential risks, guiding the XXX Regional Police in designing effective risk mitigation strategies. The study found that in the risk assessment matrix, there are 2 medium high-risk risks, 7 medium-risk risks, and 14 low-risk risks. The expected outcome of risk management using ISO 31000:2018 is to help the XXX Regional Police identify and evaluate potential risks, consider the ISO 31000:2018 standard, and cover improvements in risk management, service quality, and public trust in the SIM issuance process.

Perkembangan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang meluas dalam era transformasi digital membawa manfaat bagi manusia, termasuk memperoleh informasi dengan lebih mudah dan membantu dalam pelaksanaan berbagai aktivitas dengan cepat, ekonomis, dan efisien. Teknologi juga membantu dalam pelaksanaan berbagai aktivitas, seperti pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online dalam ranah pemerintahan (e-government). Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menerapkan pelayanan SIM secara online pada aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi) untuk memperbaiki kualitas pelayanan dalam penerbitan SIM kepada masyarakat, meningkatkan layanan, dan membangun layanan yang unggul bagi masyarakat dalam penggunaan SIM. Penelitian ini menggunakan framework ISO 31000:2018 untuk mengidentifikasi dan menilai risiko yang mungkin terjadi, memandu Polres XXX dalam merancang strategi mitigasi yang efektif. Pada penelitian ini, telah ditemukan bahwa pada penilaian risiko dalam bentuk matriks level, terdapat 2 risiko yang memiliki tingkat risiko sedang  mendekati ke tinggi, 7  risiko dengan tingkat risiko sedang, dan 14 risiko dengan tingkat risiko rendah. Hasil pengelolaan risiko dengan ISO 31000:2018 diharapkan dapat membantu Polres XXX mengidentifikasi dan menilai risiko yang mungkin terjadi, mempertimbangkan standar ISO 31000:2018, dan mencakup peningkatan dalam pengelolaan risiko, peningkatan dalam kualitas pelayanan, dan peningkatan kepercayaan dari masyarakat terhadap proses penerbitan SIM.

References

Dimas Sulistiyo, R., & Shihab, M. R. (2023). Transformasi Digital dalam Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM): Studi Kasus Korlantas Polri. Technomedia Journal, 8(2SP), 189–204. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i2sp.2064

Fachrezi, M. I., Dwika Cahyono, A., & Tanaem, P. F. (2021). Manajemen Risiko Keamanan Aset Teknologi Informasi Menggunakan ISO 31000:2018 Diskominfo Kota Salatiga. Jurusan Sistem Informasi, 8(2). http://jurnal.mdp.ac.id

Fahlepi, R., Fronita, M., Saputra, E., Luthfi Hamzah, M., Marsal, A., Daulay, S., Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, U., & Tinggi Teknologi Pekanbaru, S. (2023). Analisis Manajemen Risiko IT Pada Sistem Informasi Akademik Menggunakan ISO 31000. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (JSAKTI (Vol. 7, Issue 2).

Juwita, A. (n.d.). Optimalisasi SIM Online Sebagai Strategi Untuk Mewujudkan Pelayanan Prima Pada Kantor Satpas Jember. https://e-journal.unair.ac.id/ADJ

Lokobal, A., Pascasarjana, A., Sam, U., Marthin, R., Sumajouw, D. J., & Sompie, B. F. (2014). Manajemen Risiko Pada Perusahaan Jasa Pelaksana Konstruksi Di Propinsi Papua (Study Kasus di Kabupaten Sarmi). Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4(2), 109–118.

Patriani Manuputty, G., Abdul Azis, A., Athiyah Nur Pratami Akuntansi, N., Ekonomi, F., Trilogi Jl TMP Kalibata No, U., Jakarta Selatan, K., & Jakarta, D. (n.d.). Analisis Manajemen Risiko Berbasis Iso 31000 Pada Aspek Operasional Teknologi Informasi Pt. Schlumberger Geophysics Nusantara

Pribadi, H. I., & Ernastuti, E. (2020). Manajemen Risiko Teknologi Informasi Pada Penerapan E-Recruitment Berbasis ISO 31000:2018 Dengan FMEA (Studi Kasus PT Pertamina). JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, 10(1), 28–35. https://doi.org/10.21456/vol10iss1pp28-35

Putri Ari, A., Irnanda Istifadhah, D., (2022). Analisis Resiko Teknologi Informasi Menggunakan ISO 31000 (Studi Kasus : Aplikasi J&T Express Indonesia). Journal of Informatics and Electrical Engineering

Rahmawati, A., Wijaya, A. F., Fakultas, A. R., & Informasi, T. (n.d.). Analisis Risiko Teknologi Informasi Menggunakan Iso 31000 Pada Aplikasi ITOP Penulis Korespondensi. http://www.jurnal.umk.ac.id/sitech

Santika, Erlina F. (2023). Jumlah SIM Indonesia Menurut Jenisnya (2017-2021). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/14/ini-perkembangan-jumlah-sim-indonesia-5-tahun-terakhir.

Sari, Meita Sekar., Zefri, Muhammad. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. Jurnal Ekonomi, Volume 21 Nomor 3.

https://doi.org/10.37721/je.v21i3.608

NTMC Polri, “Launching Aplikasi SIM Nasional Presisi, Ketua MPR RI Beri Apresiasi,” Korlantas Polri, Apr. 13, 2021. https://korlantas.polri.go.id/news/launching-aplikasi-sim-nasional-presisi-ketua-mpr-ri-beri-apresiasi/ (accessed Oct. 28, 2022).

Wulan S. (2022) Implementasi Program SIM Nasional Presisi Di Polres Jombang Jurnal Kawruh Abiyasa Vol 2 No 2 (2022) DOI: https://doi.org/10.59301/jka.v2i2.49

Tim detikOto, “Ini 54 Wilayah yang Sudah Berlakukan SIM Online,” Detik.com, 2021. https://oto.detik.com/berita/d-5741741/ini-54-wilayah-yang-sudah-berlakukan-sim-online (accessed Nov. 21, 2021)

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles