FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN UNTUK MEMBELI PRODUK NON MAKANAN DI OBJEK WISATA RELIGI DESA GIRI KABUPATEN GRESIK

Authors

  • Siti Mundari Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Herlina Herlina Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v4i2.116-121

Keywords:

Influence, factors, non-eating, Sunan Giri, religious tourism

Abstract

The existence of Sunan Giri's grave in Gresik Regency is a blessing for the surrounding community. The community's economy is lifted and various products are marketed. The tourists in addition to pilgrimages usually also buy souvenirs in the form of food or non-food. The COVID-19 pandemic and Enforcement of Restrictions on Community Activities have caused tourist attractions to be closed, including the religious tourist site of Sunan Giri's cemetary. Business actors were very hit because their products were not absorbed by the market, for that research was conducted to determine the factors that influence tourist decisions in buying products, especially non-food products such as knitting, clothing, hijab, accessories and others at the Sunan Giri tourist attraction. Based on the research results, the factors that influence tourists' decisions to buy non-food products as souvenirs can be explained by the Multiple Linear Regression model Y=0.046 +1.006X1 + 0.019 X2 + 0.539 X3 + 0.246X4. The coefficient of determination is 91.7%, indicating the simultaneous influence of the independent variables of price, product, place of sale and promotion, contributes to the dependent variable of purchasing decisions, while 8.3% is influenced by other factors outside the independent variables studied. Based on the F test the independent variables of price, product, place of sale and promotion simultaneously have a significant effect on the dependent variable of purchasing decisions and the results of the t test show that each independent variable of price, product, place of sale and promotion has a partial effect on the dependent variable on purchasing decisions.

AbstraK

Keberadaan makam Sunan Giri di Kabupaten Gresik  menjadi berkah bagi masyarakat sekitar. Perekonomian masyarakat  terangkat dan beraneka  produk dipasarkan. Para  wisatawan disamping ziarah biasanya juga membeli oleh-oleh baik berupa makanan atau non makanan. Pandemi covid 19 dan aturan PPKM yang  ketat menyebabkan tempat-tempat wisata ditutup termasuk tempat wisata religi makam Sunan Giri. Pelaku usaha sangat terpukul karena produknya tidak terserap pasar, untuk itu penelitian  dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan dalam membeli produk khususnya non makanan seperti rajut, pakaian, hijab, asesoris dan lain-lain di objek wisata Sunan Giri. Berdasarkan hasil penelitian  faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan wisatawan untuk membeli produk non makanan sebagai oleh-oleh dapat dijelaskan dengan model Regresi Linier Berganda Y=0,046 +1,006X1 + 0,019 X2 + 0,539 X3 + 0,246X4. Nilai kaefisien Determinasi  91,7 %, menunjukan besar pengaruh serentak variabel  bebas harga, produk, tempat berjualan dan promosi memberikan sumbangan terhadap variabel terikat keputusan pembelian sedangkan 8,3% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel bebas yang diteliti. Berdasarkan uji F  variabel bebas harga, produk, tempat berjualan dan promosi   secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat keputusan pembelian dan hasil  uji t menunjukan masing-masing variabel bebas harga, produk, tempat berjualan dan promosi   berpengaruh secara parsial dengan variabel terikat keputusan pembelian.

Author Biographies

Siti Mundari, Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Universitas Maarif Hasyim Latif

Herlina Herlina, Fakultas Teknik Prodi Teknik Industri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Universitas Maarif Hssyim Latif

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap D. 2015. “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak USU (PAJUS) MEDAN” Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol. 7, No. 3, 227-242.

Kotler & Keller.2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta :Penerbit Index.

Mangifera L, Muzakar M & Farid W.2018. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Wisatawan Dalam Pemilihan Kuliner Di Kawasan Wisata Alam Kemuning. DAYA SAING-Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, Vol. 20, No. 1, 18-23

Rangkuti, Freddy, 2011, Riset Pemasaran. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Swastha, Basu. 2000. Azas-Azas Marketing, Yogjakarta: Edisi pertama, BPFE.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Santoso, Singgih. 2014. Statistik Parametri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Umar, Husen.2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2021-12-29