ANALISIS PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEBERHASILAN FRANCHISE THE CLEAN BAR DI KOTA SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.943Kata Kunci:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Keberhasilan Usaha.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1)pengaruh promosi dan (2)kualitas pelayanan terhadap (3)keberhasilan usaha franchise laundry sepatu the clean bar di kota sidoarjo penelitian ini merupakan penelitian survei. Penelitian ini di lakukan terhadap konsumen atau pelanggan yang menggunakan jasa laundry the clean bar di sidoarjo, Dengan populasi sebesar 500 orang selama 3 bulan mulai januari hingga maret 2020 jumlah sampel penelitian ini sebanyak 63 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan data kuisioner dengan memberikan dasar pernyataan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa secara simultan atau bersamasama variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifian terhadap keberhasilan usaha. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,667. Artinya kedua variabel promosi dan kualitas pelayanan, secara bersama-sama memberikan kontribusi 66,7% terhadap keberhasilan usaha, sedangkan sisanya sebesar 33,3% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian.
Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Keberhasilan Usaha.
Referensi
Avita, Haryanto, Resty. 2017. “Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado”. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulagi. Manado.
Arif, D., Yucha, N., Setiawan, S., Oktarina, D., Martah, V., & Muttaqiin, N. (2020). Applications Of Goods Mutation Control Form In Accounting Information System: A Case
Arif, D., Rosidi, M. E., Dewi, N. N., Ekonomi, F., Maarif, U., Latif, H., & Sidoarjo, T. (2018). Intensitas Kebutuhan Konsumen Terhadap Permintaan Lpg 3 Kg Melalui Dukungan System Application And Product In Data Processing ( Sap ) Dalam Melakukan Kebijakan Supply . 2(1), 8–15
Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of loan-loss provision, non-performing loans and third-party fund on capital adequacy ratio. Accounting, 7(10),943–950. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.013
Nugroho, M., Halik, A., & Arif, D. (2020). Effect Of Camels Ratio On Indonesia Banking Share Prices. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 101–106.
Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of financial distress on stock returns , through systematic risk and profitability as mediator variables. 7, 1717–1724.
Ghanimata, Fifyanita. 2012. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.
Isnawati, Yulina. 2018. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Pratama, Akbar, Reza. 2018. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.
Putra, Cahya, Faisal. 2019. “Analisis Pengukuran Tingkat Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Service Quality Yang Diintegrasikan Dengan Metode Importance Performance Analysis”. Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Umam, Khoirul. 2016. “Analisis Kualitas Layanan Pada Pelanggan Operator Seluler Tri”. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Wulansari, Ratna. 2014. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Blei Kartu Perdana 3 (Tri) Di Surakarta”. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to IQTISHADequity Journal.
IQTISHADequity has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.