ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN DAN KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL

Penulis

  • Rezki Aulia Pramudita Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Rosi Wahyu Antika Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.939

Kata Kunci:

Persepsi Harga, Kualitas Produk, Kemasan, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, kualitas produk, dan kemasan terhadap keputusan pembelian air minum mineral merek Aqua di Kec. Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan terhadap warga Kecamatan Gedangan Sidoarjo dengan populasi sebesar 50 orang. Metode pengambilan sampel dengan sampling jenuh yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel, yakni 50 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa persepsi harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kualitas produk dan kemasan tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian keputusan pembelia. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 18,352 > Ftabel 2,81 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel persepsi harga, kualitas produk dan kemasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,545. Artinya, ketiga variabel persepsi harga, kualitas produk, dan kemasan secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 54,5 % terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 45,5 % merupakan sumbangan/kontribusi variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Kata kunci : Persepsi Harga, Kualitas Produk, Kemasan, Keputusan Pembelian

Referensi

Agustinus, J. D. (2016). Manajemen & Strategi Pembelian.

Aziz, F. N. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aicos Produksi PT. BUMI SARIMAS INDONESIA jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1-9.

Arif, D., Ekonomi, F., Maarif, U., & Latif, H. (2018). PELANGGAN. 2(1).

Arif, D., Yucha, N., Setiawan, S., Oktarina, D., Martah, V., & Muttaqiin, N. (2020). Applications Of Goods Mutation Control Form In Accounting Information System: A Case

Arif, D., Rosidi, M. E., Dewi, N. N., Ekonomi, F., Maarif, U., Latif, H., & Sidoarjo, T. (2018). Intensitas Kebutuhan Konsumen Terhadap Permintaan Lpg 3 Kg Melalui Dukungan System Application And Product In Data Processing ( Sap ) Dalam Melakukan Kebijakan Supply . 2(1), 8–15

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of loan-loss provision, non-performing loans and third-party fund on capital adequacy ratio. Accounting, 7(10),943–950. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.013

Nugroho, M., Halik, A., & Arif, D. (2020). Effect Of Camels Ratio On Indonesia Banking Share Prices. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 101–106.

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of financial distress on stock returns , through systematic risk and profitability as mediator variables. 7, 1717–1724.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS.

Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak USU (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 7(3), 227-242.

Ikaningsih. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Celebrity Endorser, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Intensitas Pembelian Dengan Brand Image . Jurnal Penelitian, 1-5.

Iryanita, Rizky dan Y. Sugiyarto. 2013. Analisis pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Produk ATBM Pekalongan).

Kodu, S. (2013).Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. JURNAL Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1251-1259.

Kotler, 2009. Peranan Bauran Pemasaran (Maketing Mix). Universitas Negeri Semarang. Penerbit Rina Rahmawati

Lembang, R. D., & SUGIONO, S. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler II Universitas Diponegoro) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi UNDIP).

Fatma, Sholikhah Novi. (2017). Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Laziza Chicken & Pizza.UMAHA

Mongi, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2013).Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Terhadap Pengaruh. JURNAL Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2336-2346.

Rianto, A. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pasar Modern (Studi kasus Carrefour Solo Baru). Jurnal Penelitian, 1-18.

Sagita, Fitria Engla. 2015. Pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Kentucky Fried chicken (Kfc) di Cabang Bakso Grand Mall.

Septanto, Aru Fico. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merk, Persepsi HargaTerhadap Emotional Response Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening(Study Komparatif Terhadap produk Adidas Dan Nike). Jurnal Penelitian, 1-18

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Merek dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Kemasan Merek Aqua (Studi Kasus Pada MahasiswaFakultas Ekonomi dan Bisnis UMS). JURNAL Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1-17.

Wijayanti, R. Y., & Andriyanto, I. (2016). PENGARUH HARAPAN, KEPUASAN DAN SARANA FISIK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi kasus pada Usaha Jasa Warnet diKudus). BISNIS: Jurnal Bisnis da Manajemen Islam, 4(2), 35-58.

Diterbitkan

2021-06-06

Terbitan

Bagian

Articles