PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Penulis

  • Ratna Ekasari Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Triliana Aprilia Putri Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.937

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada UD. Bagus Jaya Meubel. Penelitian ini dilakukan terhadap populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung di UD. Bagus Jaya Meubel di Sidoarjo sebesar 100 konsumen. Sampel penelitian adalah 50 orang, menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Analisis Regresi Linier Berganda digunakan sebagai teknik analisis data dengan program”SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa persepsi harga secara individu (parsial) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kualitas pelayanan dan lokasi tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 22,753 > Ftabel 2,21 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama atau simultan variabel kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,597. Artinya, ketiga variabel kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 59,7% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 40,3% merupakan sumbangan/kontribusi variabel / faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Lokasi, Keputusan Pembelian.

Referensi

Anwar, Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Alma,Buchari.2003.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi 2. Bandung: Alfabeta.

Anwar,Sanusi. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Arif, D., Ekonomi, F., Maarif, U., & Latif, H. (2018). PELANGGAN. 2(1).

Arif, D., Yucha, N., Setiawan, S., Oktarina, D., Martah, V., & Muttaqiin, N. (2020). Applications Of Goods Mutation Control Form In Accounting Information System: A Case

Arif, D., Rosidi, M. E., Dewi, N. N., Ekonomi, F., Maarif, U., Latif, H., & Sidoarjo, T. (2018). Intensitas Kebutuhan Konsumen Terhadap Permintaan Lpg 3 Kg Melalui Dukungan System Application And Product In Data Processing ( Sap ) Dalam Melakukan Kebijakan Supply . 2(1), 8–15

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of loan-loss provision, non-performing loans and third-party fund on capital adequacy ratio. Accounting, 7(10),943–950. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.013

Nugroho, M., Halik, A., & Arif, D. (2020). Effect Of Camels Ratio On Indonesia Banking Share Prices. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 101–106.

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of financial distress on stock returns , through systematic risk and profitability as mediator variables. 7, 1717–1724.

Azizah, Sheila. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan di Instagram, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kanz Coffe & Eatery). Bandung : Universitas Telkom.

Chandra, Sarah Maryam.2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Hotel Baliem Pilamo Di Wamena. Manado :Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi

Daryanto.2013.Sari Kuliah Manajemen Pemasaran (cetakan 2). Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Erlitna, Kesia Giovani.2018. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas produk dan Positive World Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Iphone di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro). Semarang : Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali,Imam.2009.“Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS “.Semarang : UNDIP.

Ghozali,2012.Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang:UNDIP.

Haming,Murdifin”dan”Mahfud”Nurnajamudin.2007. Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta : Bumi Aksara.

Hasan,M.Iqbal.2002.Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor : Ghalia Indonesia.

Hasan,Ali.2008.Marketing.Yogyakarta:Media Utama.

Heizer, Jay & Barry Render. 2010. Manajemen Operasi. Edisi Ketujuh Buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Huriyati, Ratih. (2012). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA

Kasmir.2009.Pengantar”Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana.

Kotler,Philip and Gary Armstrong. 2008.Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Principles Of Marketing, 14th Edition, Prentice-Hall Pearson, USA.

Lupiyoadi,Rambat.(2013):Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Lusia, Atik.2016.Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Meubel Lucia Baru Furniture Bandar Lampung. Jogjakarta: Universitas Islam Indonesia.

Machfoedz, M.2013.Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: YPKPN.

Mukti,Muhamad”Yusuf”D.2015.Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas

Layanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Mebel CV Jati Endah Lodoyo Blitar). Blitar:STIE Kesuma Negara.

Mursid, M, Drs. (2014). Managemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuha,AhmadLuluDhiyaun.2015.Pengaruh Kualitas Produk, Fitur, dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Munawir Furniture diJepara.Semarang:Universitas Diponegoro Semarang.

Ratna, Dwi Kartika Sari.2012.Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga,dan Worth Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada CV. Mega Jaya Mebel Semarang. Semarang: Universitas Pandanaran Semarang.

Rofiq,Ainur.2018.PengaruhKualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Powernoise Store Studi Kasus Pada Konsumen Powernoise Store Malang. Malang : Universitas Islam Malang.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2012.Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.

Diterbitkan

2021-06-06

Terbitan

Bagian

Articles