ANALISIS’PENGARUH’KUALITAS’PELAYANAN’DAN’KUALITAS PRODUK’TERHADAP’KEPUTUSAN’PEMBELIAN’DI’TOKO PAKAIAN AINUN JAYA KOTA BARU DRIYOREJO

Penulis

  • Khusna Ainun Jariyah Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Nikma Yucha Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v3i1.934

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di toko pakaian ainun jaya. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen toko pakaian ainun jaya dengan populasi sebesar 140 konsumen. Metode pengambilan sampel yang menggunakan Accidental sampling adalah konsumen dengan kebetulan  bertemu dan dapat digunakan sebagai sampel, yakni 140 konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda  menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara parsial mempuyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung kualitas pelayanan sebesar 2,338 > tabel sebesar 1,673 sedangkan nilai thitung pada  kualitas produk sebesar 5,411 > sebesar 1,673. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 97,357 Ftabel 2,40 dengan tingkat signifikan 0,000. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel kualitas pelayanan dan kuaitas produk mempuyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasinya adalah (R2)  0,780. Artinya, ketiga variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Referensi

Arif, D., Ekonomi, F., Maarif, U., & Latif, H. (2018). PELANGGAN. 2(1).

Arif, D., Yucha, N., Setiawan, S., Oktarina, D., Martah, V., & Muttaqiin, N. (2020). Applications Of Goods Mutation Control Form In Accounting Information System: A Case

Arif, D., Rosidi, M. E., Dewi, N. N., Ekonomi, F., Maarif, U., Latif, H., & Sidoarjo, T. (2018). Intensitas Kebutuhan Konsumen Terhadap Permintaan Lpg 3 Kg Melalui Dukungan System Application And Product In Data Processing ( Sap ) Dalam Melakukan Kebijakan Supply . 2(1), 8–15

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of loan-loss provision, non-performing loans and third-party fund on capital adequacy ratio. Accounting, 7(10),943–950. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.013

Nugroho, M., Halik, A., & Arif, D. (2020). Effect Of Camels Ratio On Indonesia Banking Share Prices. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 101–106.

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of financial distress on stock returns , through systematic risk and profitability as mediator variables. 7, 1717–1724.

Dian , Heri , Sulistiyanto ( 2015 ), “ Analisis Pengaruh Kualitas Produk, persepsi Harga , Dan Kestrategisan Lokasi pada Kemantapan Keputusan Pembelian Toko Pakaian Citra Busana Kota Kalimanyat Jepara “, Skripsi

Helga Drumond, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Jilid I, Edisi kelima, Erlangga,Jakarta

Kotler, ( 2005 ) . Manajemen Pemasaran. Jakarta : Indonesia

Kotler, ( 2005 ) . Manajemen Pemasaran. Jakarta : Indonesia

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 2. Prenhalindo, Jakarta.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12.

Jakarta: Erlangga.

Lian, Edvantris ( 2017 ), “ Pengaruh Kualitas Layanan Produk, Dan Harga promosi pada Keputusan Pembelian Surya kertas Maxima Photography Bandar aceh “ , Skripsi

M. Rivaldi, ( 2016 ), “ Pengaruh Kualitas Pelayanan , Dan Harga Terhadap Keputusan pembeli Toko Busana Muslim Indah Jaya Kota Medan “ Jurnal

Nanang, Tasunar. 2006. Kualitas Pelayanan sebagai Strategi Membuatkan Kepuasan konsumen pada Pangkalan Pendaratan ( PPI ) Morodemak. Jurnal Pemasaran Indonesia, Vol. V, No.2 Mei 2007, h. 41-62

Stanton, ( 2005 ) . Definisi pemasaran, Alih Bahasa Imam Nurmawan: Erlangga, Jakarta

Sulastiyono,. 2011. Metode keputusan pembelian: Teori dan praktik. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.

Shifmn Dan Kanuk. 2007. Prilau Konsumen. Edisi kedua. Jakarta: PT. Indeks Grammedia

Diterbitkan

2021-06-04

Terbitan

Bagian

Articles