ANALISIS’PENGARUH’KUALITAS’PELAYANAN’DAN’KUALITAS PRODUK’TERHADAP’KEPUTUSAN’PEMBELIAN’DI’TOKO PAKAIAN AINUN JAYA KOTA BARU DRIYOREJO
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v3i1.934Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di toko pakaian ainun jaya. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen toko pakaian ainun jaya dengan populasi sebesar 140 konsumen. Metode pengambilan sampel yang menggunakan Accidental sampling adalah konsumen dengan kebetulan bertemu dan dapat digunakan sebagai sampel, yakni 140 konsumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara parsial mempuyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung kualitas pelayanan sebesar 2,338 > tabel sebesar 1,673 sedangkan nilai thitung pada kualitas produk sebesar 5,411 > sebesar 1,673. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 97,357 Ftabel 2,40 dengan tingkat signifikan 0,000. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel kualitas pelayanan dan kuaitas produk mempuyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasinya adalah (R2) 0,780. Artinya, ketiga variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Referensi
Arif, D., Ekonomi, F., Maarif, U., & Latif, H. (2018). PELANGGAN. 2(1).
Arif, D., Yucha, N., Setiawan, S., Oktarina, D., Martah, V., & Muttaqiin, N. (2020). Applications Of Goods Mutation Control Form In Accounting Information System: A Case
Arif, D., Rosidi, M. E., Dewi, N. N., Ekonomi, F., Maarif, U., Latif, H., & Sidoarjo, T. (2018). Intensitas Kebutuhan Konsumen Terhadap Permintaan Lpg 3 Kg Melalui Dukungan System Application And Product In Data Processing ( Sap ) Dalam Melakukan Kebijakan Supply . 2(1), 8–15
Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of loan-loss provision, non-performing loans and third-party fund on capital adequacy ratio. Accounting, 7(10),943–950. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.013
Nugroho, M., Halik, A., & Arif, D. (2020). Effect Of Camels Ratio On Indonesia Banking Share Prices. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 101–106.
Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of financial distress on stock returns , through systematic risk and profitability as mediator variables. 7, 1717–1724.
Dian , Heri , Sulistiyanto ( 2015 ), “ Analisis Pengaruh Kualitas Produk, persepsi Harga , Dan Kestrategisan Lokasi pada Kemantapan Keputusan Pembelian Toko Pakaian Citra Busana Kota Kalimanyat Jepara “, Skripsi
Helga Drumond, 2003, Metode Penelitian Bisnis, Jilid I, Edisi kelima, Erlangga,Jakarta
Kotler, ( 2005 ) . Manajemen Pemasaran. Jakarta : Indonesia
Kotler, ( 2005 ) . Manajemen Pemasaran. Jakarta : Indonesia
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 2. Prenhalindo, Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12.
Jakarta: Erlangga.
Lian, Edvantris ( 2017 ), “ Pengaruh Kualitas Layanan Produk, Dan Harga promosi pada Keputusan Pembelian Surya kertas Maxima Photography Bandar aceh “ , Skripsi
M. Rivaldi, ( 2016 ), “ Pengaruh Kualitas Pelayanan , Dan Harga Terhadap Keputusan pembeli Toko Busana Muslim Indah Jaya Kota Medan “ Jurnal
Nanang, Tasunar. 2006. Kualitas Pelayanan sebagai Strategi Membuatkan Kepuasan konsumen pada Pangkalan Pendaratan ( PPI ) Morodemak. Jurnal Pemasaran Indonesia, Vol. V, No.2 Mei 2007, h. 41-62
Stanton, ( 2005 ) . Definisi pemasaran, Alih Bahasa Imam Nurmawan: Erlangga, Jakarta
Sulastiyono,. 2011. Metode keputusan pembelian: Teori dan praktik. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.
Shifmn Dan Kanuk. 2007. Prilau Konsumen. Edisi kedua. Jakarta: PT. Indeks Grammedia
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to IQTISHADequity Journal.
IQTISHADequity has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.