PENGARUH FASILITAS, PEMATERI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIKLAT
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.538Kata Kunci:
engaruh fasilitas, pemateri dan kualitas pelayanan dan kepuasan peserta diklatAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh fasilitas, pemateri dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan peerta diklat di Balai Diklat Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik Simpel Random sampling sejumlah 100 orang yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner serta diharapkan mewakili seluruh peserta diklat pada tahun 2019. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen dan satu variabel dependen. Variabel independen yang di gunakan yaitu pengaruh fasilitas, pemateri dan kualitas pelayanan sedangkan variabel dependenya adalah kepuasan peserta diklat. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas, pemateri dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta diklat di Balai Dillat PUPR Surabaya baik secara prsial maupun secara simultan.
Kata Kunci : pengaruh fasilitas, pemateri dan kualitas pelayanan dan kepuasan peserta diklat
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, (2002:108) Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Pratik : Jakarta.
Amalia. “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Sarana Kebugaran Platinum GYM di Kota Bandar Lampung” . Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2016.
Apriani, Munica dan Soesanto, Harry “Analisis Pengaruh Fasilitas, Kualitas, Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Merefrensikan Jasa Pelayanan Cuci Sepeda Motor dan Mobil Star Clean di Semarang”. Semarang: Universitas Diponegoro, 2011.
Gunawan, Rahmat Dwi . ”Studi Tentang Kompetensi Widyaiswara Dalam Mengelola Pembelajaran Dilembaga Penjamin Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta”. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan Vol. VI Nomor 5 Tahun 2017 , 2017.
Marshelitha, Prila Anisa. “Pengaruh Kinerja Widyaiswara Terhadap Kepuasan Para Peserta Diklat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Geologi Bandung”. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.
Pemerintah Indonesia. 2008. Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara No. 5 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Widyaiswara. Lembaran RI Tahun 2008 No.5 . Jakarta : Sekertariat Negara.
Pemerintah Indonesia . 2009. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 14 Tahun 2009 BAB I pasal 1, ayat (2) tentang Ketentuan Umum. Lembaran RI Tahun 2009 No. 14. Jakarta : Sekertariat Negara.
Pemerintah Indonesia. 2014. Undang-Undang No. 5 tahun 2014 tentang ASN. Lembaran RI Tahun 2014 No. 5 . Jakarta : Sekertariat Negara.
Pemerintah Indonesia. 2017. Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN. Lembaran RI Tahun 2017 No. 11. Jakarta : Sekertariat Negara
Raharjo, Asep Sukmo. “Pengaruh Fasilitas, Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Internet di Kecamatan Gajahmungkur Semarang”. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2009.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sugiyono, (2005:90) Metode Penelitian, Kuantitatif Kualitatif dan R & D. CV.Alfabeta bandung.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to IQTISHADequity Journal.
IQTISHADequity has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.