PENGARUH LOKASI, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PUSAT PERBELANJAAN
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.553Keywords:
Lokasi, kualitas produk, kualitas pelayanan, keputusan pembelianAbstract
Pada penelitian berikut ini memiliki suatu tujuan agar bisa menganalisa serta mengatahui seberapa besar pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian, pengaruh suatu kualitas produk terhadap suatu keputusan pembelian, pengaruh kualitas pelayanan pegawai terhadap suatu keputusan pembelian, pengaruh lokasi, kualitas produk serta kualitas pelayanan yang variabelnya bersama-sama atau simultan terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian berikut ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan cara mensurvei.
Populasi yang tercantum dalam penelitian ini yakni pembeli di Borobudur Department Store. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling yaitu yang dilakukan dengan menggunakan siapa saja yang ditemui secara kebetulan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan memberikan daftar pernyataan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat regresi linier berganda dengan dibantu program komputer SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y = 2,801+ 0,437X1 + 0,159X2 + 0,136X3 e. Pada penelitian berikut ini hasil yang teruji secara parsial atau satu per satu dari variabel bebas (x) terhadap ke suatu variabel terikat (y) menunjukkan dijelaskan bahwa lokasi, kualitas produk serta kualitas pelayanan pegawai bernilai signikan serta berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dilihat dari lokasi nilai thitung8,692 > ttabel 1,98498 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, kualitas produk nilai thitung2,963 > ttabel 1,98498dan nilai signifikan sebesar 0,004 < 0,05 dan kualitas pelayanan nilai thitung2,515 > ttabel 1,98498 dan nilai signifikan sebesar 0,014 < 0,05. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 122,049> ttabel 2,70 dan nilai signifikan sebesar 0,000 <0,05. Maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas secara simultan atau bersama-sama variabel lokasi, kualitas produk dan kualitas pelayanan pegawai punya pengaruh positif dan nilai signifikan terhadap suatu keputusan pembelian. Dari hasil analisis mendapatkan perolehan sebuah nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,786. Artinya, ketiga variabel lokasi, kualiatas produk dan kualitas pelayanan secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 78,6% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 21,4% merupakan sumbangsih/kontribusi variabel lainnya kemungkinan yang tidak diamati dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Lokasi, kualitas produk, kualitas pelayanan, keputusan pembelian
References
AMA (American Marketing Association), yang dikutip dari Kotler dan Keller yang diterjemahkan oleh Bob Sabran (2009: 5).
Erlina, Indayati Dian. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone dengan Merek Oppo Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Un Pgri Kediri”. Jurnal Manajemen dan bisnis Vol. 01 No. 06 Tahun 2017
Kotler, Philip & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran (Jilid 1, Edisi 13). Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong (2008: 8). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 tahun ed). Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Lasander, C. 2013. Citra merek, kualitas produk, dan promosi pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pada makanan tradisional. Fakultas Ekonomi. Jurusan Manajemen. Universitas Sam Ratulagi. Manado : Jurnal EMBA Vol.1 No.1 Hal 284-293
Nasution, Heni Safitiri. 2017. Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Kafe Bangsal Kopi Lubuk Pakam. Jurnal manajemen. 2017
Purbarani. 2013. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada penelitian ini Konsumen Larissa Aesthetic Center Semarang). Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Universitas Diponegoro.
Sari, Fanny Puspita. (2016). “Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pizza di Panties Pizza Sidoarjo”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 05 No. 06 Tahun 2016
Setiawan Dennis (2015) Universitas Maarif Hasyim Latif, dalam skripsi yang berjudul “Pengaruh Harga, Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Kedung Turi Sidoarjo”
Sejati Bayu Sutrisna Aria (2016) dalam skripsi yang berjudul “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI.
Wibowo, Ari. 2014. Jurnal Manajemen dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di D’Stupid Bakery Surabaya
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to IQTISHADequity Journal.
IQTISHADequity has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.