PENGARUH PERSEPSI HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG

Authors

  • Tri Setia Ningtiyas Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.551

Keywords:

Persepsi Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Jasa Pengiriman Barang Wahana Express. Metode pengumpulan data melalui survei dan mengedarkan kuesioner dengan mengambil sampel 102 responden yaitu konsumen Jasa Pengiriman Barang Wahana Express di kecamatan taman dan kecamatan sukodono. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa persepsi harga secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung sebesar  1,778 < ttabel sebesar 1,984. Akan tetapi lokasi, dan kualitas pelayanan secara parsial berengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung  persepsi harga sebesar 2,048 > ttabel sebesar 1,984 dan thitung kualitas pelayanan sebesar 3,208 > ttabel sebesar 1,984. Dari hasil analisis, persepsi harga tidak mempunyai nilai yang dominan oleh kepuasan konsumen dengan nilai ? sebesar 0,169 sementara yang mempunyai dominan adalah kualitas pelayanan dengan nilai ? sebesar 0,290. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 39,396 > Ftabel sebesar 3,09 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi harga, lokasi dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,547 artinya persepsi harga, lokasi dan kualitas pelayanan secara simultan dapat memberi kontribusi seanyak 54,7% terhadap kepuasan konsumen, sedangkan sisanya yaitu sebesar 45,3% merupakan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.

Kata Kunci        : Persepsi Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

References

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Daryanto dan Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Husein, Umar. 2010. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Rajawali Pers

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT Indeks

Malau, Harman. 2018. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta

Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara

Neuman, W Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi 7. Jakarta: PT Indeks

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Suwardi. 2011. Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan. Politeknik Negeri Semarang

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan dan Penelitian). Yogyakarta: Andi Offset

Downloads

Published

2020-01-24