PENGARUH PERSEPSI HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.551Keywords:
Persepsi Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Jasa Pengiriman Barang Wahana Express. Metode pengumpulan data melalui survei dan mengedarkan kuesioner dengan mengambil sampel 102 responden yaitu konsumen Jasa Pengiriman Barang Wahana Express di kecamatan taman dan kecamatan sukodono. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa persepsi harga secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 1,778 < ttabel sebesar 1,984. Akan tetapi lokasi, dan kualitas pelayanan secara parsial berengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung persepsi harga sebesar 2,048 > ttabel sebesar 1,984 dan thitung kualitas pelayanan sebesar 3,208 > ttabel sebesar 1,984. Dari hasil analisis, persepsi harga tidak mempunyai nilai yang dominan oleh kepuasan konsumen dengan nilai ? sebesar 0,169 sementara yang mempunyai dominan adalah kualitas pelayanan dengan nilai ? sebesar 0,290. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 39,396 > Ftabel sebesar 3,09 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi harga, lokasi dan kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,547 artinya persepsi harga, lokasi dan kualitas pelayanan secara simultan dapat memberi kontribusi seanyak 54,7% terhadap kepuasan konsumen, sedangkan sisanya yaitu sebesar 45,3% merupakan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Persepsi Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
References
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Daryanto dan Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro
Husein, Umar. 2010. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Rajawali Pers
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT Indeks
Malau, Harman. 2018. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta
Mursid, M. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara
Neuman, W Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi 7. Jakarta: PT Indeks
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Suwardi. 2011. Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan. Politeknik Negeri Semarang
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan dan Penelitian). Yogyakarta: Andi Offset
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
- Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.