PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PIZZA HUT
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.548Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian bertujuan untuk mencari tahu pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada Pizza Hut Delivery Larangan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada Pizza Hut Delivery Larangan Kabupaten Sidoarjo dengan populasi yang jumlahnya 57 orang dalam seminggu, sehingga menggunakan sampel sebanyak 50 responden. Metode pengumutan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data memakai Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.1 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini diperoleh bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini dilihat dari nilai thitung 3,667 > ttabel 2,0129 serta nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dilihat dari nilai thitung 2,644 > ttabel 2,0129 serta nilai signifikansi sebesar 0,011 < 0,05. Sedangkan persepsi harga tidak terdapat pengaruh pada keputusan pembelian. Hasil uji F memperoleh nilai Fhitung 34,986 > Ftabel 2,81 dan signifikansi sebesar 0,05 > 0,000. Maka hal ini disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga berpengaruh pada variabel keputusan pembelian. Serta memperoleh hasil koefisien determinasi (R2) sebanyak 0,695. Artinya ketiga variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, persepsi harga secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 69,5% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 30,5 % merupakan kontribusi (sumbangsih) variabel lainnya yang tidak diamati dalam penelitian ini.
Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian.
References
Adinugraha, Andreas Tanuel & Stefanus Michael H. 2015. Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen D’Cost Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra
Apriyani, Yesi. 2013. Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut Di Kota Padang. Padang: Universitas Negeri Padang
Chandra, Andres Prijaya dan Thomas Santoso. 2019. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di
Outlet Mini Melts Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra
Djatmike, Renyta. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen UKM Kerudung PASMIRA di Gresik). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Ekasari, Ratna. 2018. Pengaruh Lokasi, Inovasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Kebun Coklat Café & Resto Di Balongbendo Kab. Sidoarjo. Sidoarjo: Universitas Maarif Hasyim Latif
Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan KasusKasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS
Khakim, Lukman, Azis Fathoni dan Maria M Minarsih. 2014. Pengaruh KualitasPelayanan, Harga dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Universitas Pandanaran Semarang. Jurnal EMBA Vol 1, No 2, 2014 hal 135-139
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Limakrisna, Nandan dan Togi Parulian Purba. 2017. Manajemen Pemasaran Teori Dan Aplikasi Dalam Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media
Ma’arif, Nelly Nailatie. 2008. The Power of Marketing; Practitioner Perspective in Asia. Jakarta: Salemba Empat
Prihatini, Chanifah Widha. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Warung Ikan Bakar Seafood Genteng Besar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
- Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.