PENGARUH STRATEGI PROMOSI MEDIA SOSIAL DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN GROSIR SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v4i2.1855Keywords:
Strategi Promosi Melalui Media Sosial, dan Keragaman Produk, Meningkatkan Loyalitas Pelanggan.Abstract
Penelitian untuk memutuskan dampak strategi promosi media sosial dan keragaman Produk terhadap meningkatkan loyalitas pelanggan di agen grosir lalada. Penelitian ini ditujukan kepada pelanggan yang sering datang di Agen grosir lalada dengan mengambil populasi sejumlah 65 klien. Metode pengambilan sampel yang menggunakan sampling jenuh, khususnya kemauan pola sedangkan seluruh kontributor populasi digunakan sebagai sampel dengan jumlah sampel 65 responden. Penelitian ini merupakan salah satu jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik evaluasi fakta, yaitu beberapa evaluasi regresi linier, hipotesis statistik, dan koefisien kemauan yang diolah menggunakan versi 21.0 untuk windows. Berdasarkan hasil evaluasi fakta bahwa konsekuensi menegaskan bahwa telah terjadi dampak yang baik dan besar keragaman produk terhadap meningkatkan loyalitas pelanggan di agen grosir lalada Sidoarjo. Hal ini dinyatakan oleh nilai thitung > ttabel (11,409 > 1,999). Sedangkan strategi promosi melalui media sosial kini sudah tidak lagi memberikan dampak yang baik dan besar dalam menumbuhkan loyalitas pelanggan. Selain itu, dampak bagus dan besar secara simultan antara strategi promosi melalui media sosial dan keragaman produk terhadap meningkatkan loyalitas pelanggan dengan nilai Fhitung 112,386 > Ftabel 3,15 dan biaya kepentingan sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil evaluasi diperoleh biaya koefisien kemauan (R2) sebesar 0,784. Artinya kedua variabel secara bersama-sama sebesar 78,4% terhadap meningkatkan loyalitas pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 21,6% hubungan keeratan dari variabel yang berbeda sekarang tidak lagi diuji pada penelitian ini
References
Abarca, R.M. (2021). Brand Awareness, Product Diversity, dan Product Quality berpengaruh terhadap Peningkatan Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen pada Kentucky Fried Chicken Manado. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 1(4), 2013–2015.
Agnes Adelia Radha Poespa1, Rosadiro Cahyono2, V.M. (2020). Pengaruh kualitas produk, persepsi biaya, dan promosi dalam meningkatkan pilihan belanja Marina Wash. Jurnal Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis UMAHA. Sidoargo: Universitas Maarif Hasim Latif 3 (1), 212-223.
Aref, Dr., dan Pramsti, Dr. (2021). Dampak promosi dan evaluasi produk di Shopee Marketplace terhadap meningkatnya pilihan pembelian di Umaha. Majalah Ecopreneur. Sidoargo: Universitas Maarif Hasim Latif 4(2), 174.
Arifin, R.; (2022). Pengaruh layanan simpanan ritel, variasi produk dan promosi terhadap meningkatnya pilihan pembelian yang tidak terencana (contoh kasus terlihat pada klien di toko-toko Sardo di Malang). Jurnal Elektronik Penelitian Manajemen. Malang: Toko Sardu 65-85.
Effendi, ML, Sari, MI, dan Hermawan, H. (2021). Pengaruh strategi promosi melalui media sosial, kualitas operator, dan frase dari mulut ke mulut terhadap tumbuhnya loyalitas pembeli kafe Cak Kebo (Dampak teknik promosi melalui media sosial, kualitas operator, dan frase dari mulut ke mulut pada pelanggan Loy. E-Journal of Business Ekonomi dan Akuntansi 8(2) , 107-116.
Mandala, E.; (2019). Pengaruh persepsi biaya, promosi penjualan, dan foto logo pada kesenangan yang dipercepat dengan loyalitas pembeli yang dipercepat. Jurnal Manajemen Elektronik 8 (1), 7044-7072.
Rasyid, R. A., Moniharapon, S., Trang, I., Management, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh strategi promosi melalui media sosial, carrier quality, dan frase dari mulut ke mulut terhadap peningkatan pilihan pembelian sepeda motor Suzuki di PT. SINAR GALESONG MANDIRI MALALAYANG. Manado: BT. Senar Galesong Mandiri Malalayang 6 (4), 3933-3942.
Santi Diliani Rahmawati, H. (2020). Pengaruh Promosi media sosial pada pengambilan pilihan yang berkembang mengenai pilihan pembelian di toko-toko MISSYSHOP yang sah di Kota Makassar. Makassar: Jurnal Manajemen 3 (2017), 54–67.
Siregar, S.F.Q.R. (2020). Dampak charge dan promosi terhadap tumbuhnya loyalitas pembeli bagi pelanggan operator transportasi online di Maidan Salman Farsi Qahvi Romola Sirgar. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 3 (1), 148-159.
Sugiono (2019). Metode studi kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, H.; (2019). Metode promosi dalam meningkatkan kuanlitas pendapatan di PT. Cabang Goa Haji Kalla. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8 (5), 55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
- Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.