ANALISIS KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH DI BANK BCA
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v4i2.1852Keywords:
Kualitas pelayanan, Kepuasan konsumen, Loyalitas pelangganAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah di kantor pusat Bank BCA Sidoarjo. Survei ini mencakup seluruh nasabah kantor pusat Bank BCA dengan mengambil populasi 200 respondennya menggunakan metode pengambilan sampel yang ditargetkan. Ukuran sampel dianggap cukup untuk mewakili seluruh populasi. Metode yang digunakan bagian dalam analisis ini adalah deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil survei tersebut, tangible mendukung kepuasan konsumen yang tinggi terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Bank BCA KCU Sidoarjo. Ini sangat jelas berkat kesopanan staf, komunikasi antara staf dan pelanggan sangat jelas dan keamanan sudah sangat baik, ruang tunggunya bersih dan nyaman, kualitas layanan dan tingkat kepuasan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Selalu memeriksa kebutuhan semua pelanggan, memberikan layanan informasi yang jelas, puas dengan sikap staf yang bertugas, dan memiliki lebih banyak akses ke pelanggan. Mudah, nyaman, dan membuat pelanggan merasa senang .References
Abarca, R. M. (2021). Pengertian Kepuasan Pelanggan. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.
Griffin (2002:4), (Dalam Hurriyati, 2010, hal. 128). (2005). Loyalitas dicirikan sebagai pembelian yang tidak langka yang dikomunikasikan dari waktu ke waktu oleh beberapa pengambil keputusan. 28-47.
Iskandar, D. & Nasution, M.I.B. (2019). Lazada Online Shop SNK © 2019 Menganalisis Dampak Kepercayaan, Keamanan, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan PembelianPublished by UMSU (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU). Jurnal Kewirausahaan, 1(1), 128–137.
ukuh Familiar, I.M. (2015). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Jurnal Analisis Manajemen, 4(4), 348-354. https://doi.org/10.15294/maj.v4i4.8888
Sudarno S, Rusgiyono A, Hoyi A, Listifadah L (2012). Analisis kualitas layanan dan manajemen kualitas layanan berdasarkan persepsi pengunjung. Statistik Media, 4(1), 33-45. https://doi.org/10.14710/medstat.4.1.33-45
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
- Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.