PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO

Authors

  • Varid Martah Universitas Maarif Hasyim Latif

##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName##:

https://doi.org/10.51804/iej.v7i1.16870

Abstract

Perusahaan yang mampu membayar dividen dapat diasumsikan oleh masyarakat sebagai perusahaan yang sangat mneguntungkan apabilah melakukan kegiatan investasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis adanya pengaruh dari Likuiditas, Leverage, Profitabilitas, dan Pertumbuhan Penjualan atas pembagian Dividen Payout Ratio (DPR) perusahaan sub sektor Food and Beverage yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2014 – 2019. Metode penelitian yang diguanakan adalah metode Kuantitatif yang bersifat Asosiatif. Dengan jenis data sekunder yang terdapat pada lapororan keuangan suatu perusahaan. Jumlah populasi perusahaan adalah sebanyak 26, sesuai dengan ketentuan yang ditentukan maka terdapat 5 perusahaan yang akan dilakukan analisis.

Hasil dari analisis Uji Hipotesis Simultan t menunjukkan hasil variabel Likuiditas memiliki nilai signifikansi 0,467 > 0,05 yang artinya tidak terbukti berpengaruh atas variabel Dividen Payout Ratio. Ha tersebut juga terjadi pada variabel Leverage memiliki nilai signifikansi 0,709 > 0,05 yang dapat diartikan tidak terbukti terbukti terdapat pengaruh atas variabel Dividen Payot Ratio. Variabel Profitabilitas memiliki nilai signifikansi 0,939 > 0,05l yang dapat diartikan tidak terdapat pengaruh atas variabel Dividen Payout Ratio. Dan variabel Pertumbuhan Penjualan memiliki nilai signifikansi 0,307 > 0,05 yang dapat diartikan tidak juga terdapat pengaruh atas variabel Dividen Payout Ratio.

Downloads

Published

2024-12-10