PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN DI E-COMMERCE SHOPEE PADA MAHASISWA UMAHA
DOI:
https://doi.org/10.51804/iej.v4i1.1663Keywords:
Digital Marketing, Promosi Penjualan, Keputusan Pembelian, E-CommerceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh digital marketing dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan di e-commerce Shopee pada mahasiswa UMAHA. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi manajemen angkatan 2017 fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Maarif Hasyim Latif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 30 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda sebagai teknik analisis data, dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan digital marketing dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Digital marketing dan promosi penjualan berkontribusi sebesar 82,8% terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 17,2% ditentukan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
References
INOVASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KEBUN COKLAT CAFE & RESTO DI BALONGBENDO KAB. SIDOARJO Loyalitas Konsumen. 1(1), 25–29.
iPriceInsights. (2020). Peta E-Commerce Indonesia. Iprice.Co.Id. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/
Kurnianingsih, W., & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Distro Screamous Bandung. Skripsi Respositari, 136(1), 510–524.
Nurcahyo, A. (2018). Peran Digital Marketing dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Berlangganan Indihome. RELEVANCE : Journal of Management and Business, 1(1), 15. https://doi.org/10.22515/relevance.v1i1.1270
Yunarko, A. M. (2020). Beralih ke e-Commerce, Penjualan Produk Kesehatan dan Kecantikan Meningkat 10 Kali Lipat Pada Kampanye 9.9 | Jet Commerce. Jet Commerce. https://jetcommerce.co.id/update/beralih-ke-ecommerce-penjualan-produk-kesehatan-dan-kecantikan-meningkat-10-kali-lipat-pada-kampanye-9-9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
You are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercial purposes.
- Adaptation — mixing, changing, and developing materials for any purpose, even commercial ones.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.