PENINGKATAN HASIL PRODUKSI KERTAS MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESCRETE EVENT SIMULATION (STUDY KASUS PT XYZ)

Authors

  • Mio Yoga Misvian Mahar Dejan Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v3i2.58-62

Keywords:

hasil produksi, discrete event simulation

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan berkembang yang ada di Jawa Timur dan menjalankan bisnisnya sebagai perusahaan manufaktur dengan produk berupa kertas. Perusahaan memiliki target hasil produksi yang harus tercapai di setiap harinya.Metode yang digunakan adalah dengan pendeketan discrete event simulation yang diawali dengan pembuatan model awal yang sesuai dengan kondisi nyata kemudian dilanjutkan dengan membuat model perbaikan sebagai usulan, metode ini dianggap dapat mensimulasikasin sistem produksi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa hasil produksi kondisi eksisting sebesar 157.5 ton sedangkan hasil output usulan sebesar 247.8 ton sehingga ada peningkatan sebesar 57.3% atau 90.3 ton rata rata per hari.

Author Biography

Mio Yoga Misvian Mahar Dejan, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas teknik

Teknik Industri

References

Ariyanti, Anisa Tri. (2016). Makalah Teori Produksi. http://anisasdp23.blogspot.com. Diakses pada

Januari

Pasirulloh, M. A. (2017). Pemodelan Dan Simulasi Sistem Industri Manufaktur Menggunakan Metode Simulasi Hybrid (Studi Kasus: PT. Kelola Mina Laut). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Perdana, T. (2014). SIMULASI KEJADIAN DISKRET PADA PERANCANGAN MANAJEMEN LOGISTIK DI UNIT LAYANAN LOGISTIK PERTANIAN: STUDI KASUS DI KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG. Sosiohumaniora, 16(1), 14–21.

Prasetyo, H., & Liquiddanu, E. (n.d.). Optimasi Jumlah Operator dengan Metode Simulasi Arena: Studi Kasus pada Stasiun Kerja Pengecatan Sheet Metal Fabrication.

Riyanto, O. A. W. (2016). Simulasi Model Sistem Kerja Pada Departemen Injection Untuk Meminimasi Waktu Work-In-Process. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 15(1), 69–78.

Rustam, L. (2017). Pengembangan Model Simulasi Diskrit terhadap Perencanaan Produksi pada IKM 88 Marijo. Journal of Industrial Engineering Management, 1(2), 30–34.

Santoso, A. A., & Fudhla, A. F. (2019). Perbaikan Sistem Produksi Kardus Dengan Pendekatan Lean Dmai Di Pt Kedawung Ccb. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 1(1), 39–46.

Suprianto, S., Muhammad, M., & Indriani, A. (2018). Penerapan Metode Simulasi Kejadian Diskrit Pada Layanan Antar Pesan. In Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI) (Vol. 9, pp. 205–210).

Downloads

Published

2020-12-30