PEMETAAN DAN USULAN JADWAL PENGAMBILAN SAMPAH MENGGUNAKAN METODE VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN ALGORITMA SWEEP DI PERUMAHAN BUKIT BAMBE

Authors

  • Moh. Bagus Khoirul Prasetyo Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v3i1.26-30

Keywords:

Sampah, Penjadwalan, Algorithm Sweep

Abstract

Sampah adalah bagian yang tidak lepas dari kehidupan manusia modern yang wajib dikendalikan agar tidak menjadi bom waktu di masa depan bagi anak cucu kita. Namun di pinggiran kota masyarakatnya cenderung kurang memperhatikan tentang sampah. Perumahan Bukit Bambe di Driyorejo yang merupakan pinggiran dari kota Gresik juga mengalami hal yang sama, sehingga dalam pemukiman diadakan penanganan sampah dengan cara pengambilan sampah oleh petugas perumahan. . Melihat hal ini, peneliti mencoba membantu dengan melakukan penjadwalan ulang serta memberi masukan atas rute perjalanan petugas. Peneliti mengunakan sistem aplikasi visual dan ditunjang dengan algorithm sweep serta vehicle routing problem untuk menentukan jarak tempuh dan pembuatan rute petugas dalam mengambil sampah Serta dalam usulan penelitian ini dihasilkan juga jadwal pengambilan sampah tiga kali dalam satu minggu.

Author Biography

Moh. Bagus Khoirul Prasetyo, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Indusutri

Fakultas Teknik

References

DIANA, A. R., & Budi Heri Pirngadie, D. P. W. K. (2019). KONTRIBUSI PENGANGKUTAN SAMPAH TERHADAP OPTIMALISASI PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA BANDUNG. Fakultas Teknik Unpas.

Habanono, A. E. D. (2018). OPTIMALISASI JALUR PENGANGKUTAN SAMPAH DI KOTA KUPANG. ITN Malang.

Lasut, A. C., Makalew, F. M., & Opit, P. F. (2019). ANALISIS RUTE PENGANGKUTAN SAMPAH KOTA MANADO DENGAN PENDEKATAN VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP). Jurnal Ilmiah Realtech, 15(1), 7–12.

Nurcahyo, G. W., Alias, R. A., Shamsuddin, S. M., & Sap, M. N. M. (2002). Sweep algorithm in vehicle routing problem for public transport. Jurnal Antarabangsa Teknologi Maklumat, 2, 51–64.

Trianto, A. (2018). PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP)(Studi Kasus Di PT. Trijaya Abadi Sentausa). University of Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles