PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) (study kasus DI CV.ASIA TEKNIK sidoarjo)

Authors

  • Akhmad Diantono Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v3i1.22-25

Keywords:

Produtivitas, OMAX, AHP, Pengukuran

Abstract

Peningkatan efesiensi dan efktivitas merupakan tujuan dari setiap perusahaan guna meningkatkan profitnya. Untuk mencapai hal tersebut langkah awal yang harus ditempuh adalah melakukan pengukuran produktivitas, dan selanjutnya dilakukan evaluasi penyebab penurunan produktivitas kemudian dilakukan perencanaan untuk perbaikan produktivitas dan diharapkan nantinya terjadi peningkatan produktivitas. Objective Matrik (OMAX) adalah salah satu metode pengukuran produktivitas untuk mengatasi masalah-masalah kerumitan dan kesulitan pengukuran produktivitas dengan mengkombinasikan seluruh kriteria produktivitas yang berpengaruh kedalam bentuk matrik yang saling terkait kriteria yang satu dengan yang lain sehingga mudah untuk dikombinasikan. Sebelum dilakukan pengukuran terlebih dahulu kriteria tersebut diberi bobot dengan menggunakan metode AHP. Dari hasil pengukuran mulai periode I januari sampai juni 2014  didapat peningkatan produktivitas tertinggi terjadi pada bulan april dengan total produktivitas  931,7 dan dengan indek perubahan sebesar 2,10% dan terjadi penurunan pada bulan mei dengan total produktivitas sebesar 147,8 dengan indek sebesar -0,50% sehingga terjadi penurunan produktivitas sebesar 1,6% .

Author Biography

Akhmad Diantono, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri

References

Baroto T, (2002),”Perancangan dan Pengendalian Produksi”, Ghalia Indinesia, Jakarta.

Brodjonegoro, S. Permadi, Bambang. “Analytical Hierarchy Process”. Pusat Antar Universitas – Study Ekonomi Universitas Indonesia.

Gaspersz, Vincent, (1998). “Manajemen Produktivitas Total: Strategi Peningkatan Produktivitas Bisnis Global”. Gramedia, Jakarta.

Gaspersz, Vincent, (2000), “Manajemen Produktivitas Total,” PT, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hamidah Hazmi Nurul, Doeranto Panji, Astuti Retno, “Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX), Study Kasus Pada Bagian Produksi Sari Roti PT. Nippon Indosari Corporindo Tbk Pasuruan”, Jurnal FTP Brawijaya.

Kholil, Muhammad (2006). “Analisa Pengukuran Produktivitas Model Objective Matrix pada Department Produksi Pabrik Furniture Garden PT. QUARTINDO SEJATI FURNITAMA”, Skripsi. Universitas Mercu Buana Jakarta.

Ma’ruf Budiman, (2009), ”Pengukuran Produktivitas Kerja Pada Bagian Produksi Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) Study Kasusdi CV. CARI RASA Kota Bandung”, Skripsi Jurusan Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia.

Mali, Paul, 1978. “Improving Total Productivity”, MBO Strategic for Business, Government, and Nor Pofit Organitation, Jhon Willey and Sons : USA.

Riggs, James L. (1987),”Production System Planning, Analysi, and Control”, Singapore.

Riggs, James L. (1987),”Production Sistem”, Oregion University US, Oregion.

Sumanth, David J. (1984). ”Productivity Engineering and Management,” McGraw Hill Book Company.

Sinangun, M. (2009). “Produktivitas Apa dan Bagaimana”. Bumi Aksara. Jakarta.

Saaty, Thomas. L. (1993). “Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin”, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Nasution, Arman. H. (2005). “Manajamen Industry”, Andi, Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles