PERBAIKAN TATA LETAK GUDANG PRODUK JADI DENGAN METODE DEDICATED STORAGE DIGUDANG PT. YYZ

Authors

  • Saddam Husin Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v3i1.8-15

Keywords:

dedicated storage, gudang, grouping, jarak tempuh, penyimpanan, tata letak gudang

Abstract

PT. YYZ sebagai perusahaan distribusi dimana perusahaan ini akan menjalankan bisnisnya dengan cara mendistribusikan semua produk yang ada dalam gudang ke pelangganya, oleh karena itu PT.YYZ memerlukan gudang yang baik agar dapat mendistribusikan produknya namun sampai saat ini PT. YYZ masih mengalami sedikit permasalahan di sisi gudangnya dimana penyimpanan produk berdasarkan ruang yang kosong. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan penempatan barang agar lebih baik dalam sisi peletakan. Dengan metode Dedicated Storege ini akan merubah tata letak barang dan memberikan grouping pada setiap produk serta meletakkan produk sesuai dengan aktivitasnya sehingga jarak tempuh barang tersebut lebih pendek. Dari hasil penelitian yang di lakukan dapat di peroleh jarak tempuh eksisting 420,424m sedangkan jarak tempuh usulan 290,697m sehingga terdapat selisih prosentase 30,86%.

Author Biography

Saddam Husin, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri

References

Efrataditama, A. V., & Wigati, S. S. (2016). Perancangan Tata Letak Gudang Dengan Metode Dedicated Storage di Toko Listrik Anugrah Jaya.

Hadiguna, R. A., & Setiawan, H. (2008). Tata Letak Pabrik. Yogyakarta: Andi.

Melinda, I. D., Marpaung, S. T., & Liquiddanu, E. (n.d.). Analisis Sistem Antrian Restoran Cepat Saji McDonald’s dengan Menggunakan Simulasi Arena.

Permana, I. H. (2014). Relayout Tata Letak Gudang Produk Jadi Baja Tulangan Dengan Menggunakan Metode Dedicated Storage di PT. ABC. Cilegon: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Retnowati, D., & Fudhla, A. F. (n.d.). RE-LAYOUT FASILITAS PRODUKSI INDUSTRI SHEET METAL WORKING BERBASIS JOB SHOP DENGAN PENDEKATAN LINEAR MIX INTEGER PROGRAMMING.

Rizal, M. H. (2015). Simulasi Proses Pemuatan Kapal Di Pelabuhan PT. Wina Gresik Dengan Tujuan Mengurangi Demurrage. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Wardhani, I. K., Pratiwi, I. P., & Liquiddanu, E. (n.d.). ANALISIS KINERJA ANTRIAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ARENA 15.0.

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles