PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK RAK GANTUNGAN BAJU DI UD. WS.

Authors

  • Rizki Febrianto Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v2i2.73-78

Keywords:

inventori, lot sizing, material requirement planning, persediaan bahan baku

Abstract

UD. WS adalah usaha menengah masyarakat yang bergerak di dalam bidang industri pembuatan rak gantungan baju. Dalam proses produksi perlu adanya perencanaan pengadaan bahan baku. Hal yang harus dilakukan adalah pemesanan dan pembelian bahan baku. Agar produksi sesuai dengan proses, modal dan dana yang dipakai dalam persediaan diperlukan perencanaan yang tepat. Ketepatan dalam suatu persediaan yaitu dengan membeli bahan baku dengan kualitas yang bagus. Teknik analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah permintaan sebelumnya, peramalan dan Material Requirement Planning. Teknik peramalan menggunakan  2 metode yaitu Exponential Smoothing dan Linier Regression. Perhitungan Lot Sizing Menggunakan metode Economic Order Quantity, Lot for Lot, Period Order Quantity, Part Period Balancing, dan Wagner Whitin. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode Lot Sizing Lot for Lot untuk setiap bahan baku rak gantungan baju dapat meminimalkan biaya semua persediaan bahan baku jika dibandingkan metode yang lainnya.

Author Biography

Rizki Febrianto, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Teknik

Teknik Industri

References

Heizer, J., & Render, B. (2006). Manajemen Operasi, Edisi 7. Salemba Empat, Jakarta.

Herjanto, E. (2007). Manajemen Operasi (Edisi 3). Grasindo.

Irwansyah, D. E., & Hidayati, R. (2010). Penerapan Material Requirements Planning (Mrp) Dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Jamu Sehat Perkasa Pada Pt. Nyonya Meneer Semarang. Universitas Diponegoro.

Nuriszal, F., & Anshori, M. (2019). Perencanaan Persediaan Bahan Baku Untuk Produk Semen Instan di PT. VWX. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 2(1), 18–22.

Rovianty, A. N. (2007). Analisis Penerapan Material Requirement Planning (MRP) dalam Upaya Mengendalikan Persediaan Bahan Baku Daging Pada Long Horn Steak & Ribs. Universitas Widyatama.

Tyas, D. S., & Anshori, M. (2019). Penerapan Model Joint Economic Lot Size Pada PT. MPX Antara Pemanufaktur dan Multi Pembeli Dengan Permintaan Probabilistik. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 1(1), 23–28.

Wijayanti, W., & Adriansyah, G. (2019). Analisis Perencanaan Produksi Tas FLB di PT. X Mojokerto. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 1(1), 1–6.

Downloads

Published

2019-12-20