MANAJEMEN PERAWATAN MESIN IQF MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) STUDI KASUS DI PT ANEKA GAS INDUSTRI Tbk.

Authors

  • Puput Ansory Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v2i2.62-67

Keywords:

failure mode and effect analysis, Mesin IQF, Individual Quick Frezing, Reliability centered maintenance

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada salah satu industri di kota Sidoarjo yang bergerak dibidang produksi udang beku. Seiring meningkatnya kapasitas produksi, performasi mesin pun kian lama semakin menurun akibatnya sering terjadi breakdown maintenance yang menyebabkan proses produksi terhenti dan  banyak menimbulkan kerugian. Salah satu faktor didalamnya adalah tidak adanya manajemen perawatan yang diterapkan. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai maka digunakanlah salah satu metode penelitian pada bidang perawatan, yaitu Reliability Centered Maintenance (RCM). Dengan metode tersebut, didapatkan penentuan mesin kritis, komponen mesin kritis, Failure Mode Effect Analysis (FMEA), perhitungan biaya kerugian, besarnya biaya perawatan, hingga penentuan interval perawatan yang optimal. Sehingga dari manajemen perawatan tersebut perusahaan dapat menghemat biaya hingga lebih dari Rp.404.956.008.00; biaya tersebut jauh lebih efisien daripada biaya breakdown maintenance yang selama ini dijalankan.

Author Biography

Puput Ansory, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Teknik

Teknik Industri

References

Azis, M. T., Suprawhardana, M. S., & Purwanto, T. P. (2010). Penerapan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Berbasis Web Pada Sistem Pendingin Primer Di Reaktor Serba Guna Ga. Siwabessy. In Jurnal Forum Nuklir (Vol. 4, pp. 81–98).

Dhamayanti, D. S., Alhilman, J., & Athari, N. (2016). Usulan Preventive Maintenance Pada Mesin KOMORI LS440 dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM II) dan Risk Based Maintenance (RBM) di PT ABC. JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri), 3(02), 31–37.

Prasetya, D., & Ardhyani, I. W. (2019). Perencanaan Pemeliharaan Mesin Produksi Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM)(Studi Kasus: PT. S). JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 1(1), 7–14.

Downloads

Published

2019-12-20