ANALISIS PENGARUH PARAMETER INJECTION PADA KUALITAS PRODUK

Authors

  • Puguh Ilyas Supanji Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v2i2.111-116

Keywords:

Parameter Injection, desain eksperimen, cacat produk, kontras ortogonal

Abstract

Pembuatan produk berbahan dasar plastik pada masa ini sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat maupun industri manufaktur di Indonesia. Dalam hal ini proses injection molding sering digunakan, dinama dalam prosesnya masih dimungkinkan ada produk cacat. Dalam penelitian ini terdapat tiga faktor yakni faktor inject time , faktor inject pressure, dan faktor cooling time yang perlu di analisis untuk  mengetahui  pengaruh dari ketiga faktor, serta mengetahui mana yang paling mendominasi cacat produk segel plastik LPG. Metode pengujian yang digunakan adalah desain eksperimen guna mengetahi pengaruh dari ketiga faktor yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan dari ketiga faktor  yang ada  semuanya saling mempengaruhi terhadap cacat produk segel plastik LPG. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil print out SPSS, dimana Fhitung lebih besar dari pada Ftabel , yang berarti terdapat interaksi antara  faktor inject time , inject pressure dan cooling time  terhadap cacat produk. Dari ketiga faktor, faktor yang paling mempengaruhi cacat produk segel plastik LPG adalah faktor inject time karena nilai  Fhit 1647.805  terlampau  besar dari  Ftabel (3,17) dan memiliki nilai Fhitung  yang paling tinggi  dari faktor lain. Hasil uji penelitian kontras ortogonal disimpulkan  bahwa rata-rata level faktor kesatu 0,73 detik (J1) sama besar dengan rata-rata level faktor ketiga 0,58 detik (J3) , dapat disimpulkan  bahwa kedua level faktor berpengaruh  terhadap cacat produk. Ketiga level tersebut adalah yang paling mempengaruhi cacat produk segel LPG di PT X.

Author Biography

Puguh Ilyas Supanji, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakutas Teknik

Teknik Industri

References

Abdurokhman, M. (2012). Analisis Konsumsi Energi pada Proses Injection Moulding untuk Efisiensi Energi. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Andriani, D. P., Setyanto, N. W., & Kusuma, L. T. W. N. (2017). Desain dan Analisis Eksperimen untuk Rekayasa Kualitas. Universitas Brawijaya Press.

Aziza, N., & AR, I. Z. (2010). Analisa Pengaruh Intensitas Arus dan Jenis Elektroda terhadap Laju Pengerjaan Logam pada Proses Electro Discharge Machine. Jurnal Teknik Mesin, Industri Dan Komputer Teknika, 1(1), 39–46.

Yulianto, I., Rispianda, R., & Prassetiyo, H. (2014). Rancangan Desain Mold Produk Knob Regulator Kompor Gas Pada Proses Injection Molding. REKA INTEGRA, 2(3).

Downloads

Published

2019-12-20