ALTERNATIF PERANCANGAN TATA LETAK MESIN PRODUKSI DI CV. ANUGERAH SUKSES SEJAHTERA

Authors

  • Yohanes Dwi Satya Pambudi Universitas 45 Surabaya
  • Indah Apriliana Sari Universitas 45 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v2i2.49-54

Keywords:

Algoritma Corelap, Mesin bubut, Momen Perpindahan, Tata Letak Mesin

Abstract

Tata letak mesin adalah suatu hal yang penting jika dikaitkan dengan kegiatan proses produksi di perusahaan, karena dapat meminimalkan ruang produksi yang di butuhkan. Pada penelitian ini akan menggunakan metode  Algoritma Corelap, adapun  sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder dari press release. Data akan dianalisa dengan pengumpulan seluruh nilai Total Closeness Rating stasiun kerja pada lantai produksi dan melakukan perhitungan corelap dengan cara mencari nilai tertinggi. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pada penggunaan metode Algoritma Corelap dapat meminimalkan frekuensi pemindahan barang dan mempermudah jalannya proses produksi.

Author Biographies

Yohanes Dwi Satya Pambudi, Universitas 45 Surabaya

Fakultas Teknik

Teknik Industri

Indah Apriliana Sari, Universitas 45 Surabaya

Fakultas Teknik

Teknik Industri

References

Dwianto, Q. A., Susanty, S., & Fitria, L. (2016). Usulan Rancangan Tata Letak Fasilitas Dengan Menggunakan Metode Computerized Relationship Layout Planning (CORELAP) di Perusahaan Konveksi. REKA INTEGRA, 4(1).

Muther, R. (1973). Systematic Layout Planning/by Richard Muther.

Oktiarso, T., & Loekito, H. S. (2017). PERANCANGAN ULANG TATA LETAK AREA PRODUKSI PT X DENGAN METODE SYSTEMATIC PLANT LAYOUT. Prosiding SENIATI, 3(2), 51–53.

Putra, Y. P. (2018). MERANCANG TATA LETAK FASILITAS PABRIK DENGAN METODE ALGORITMA CORELAP DI CV. ROBBANI SINGOSARI. Jurnal Valtech, 1(1), 65–70.

RAJAMANI*, D., Singh, N., & Aneja, Y. P. (1996). Design of cellular manufacturing systems. International Journal of Production Research, 34(7), 1917–1928.

Setiawan, B. S. A. D. (2017). HUBUNGAN KELELAHAN TERHADAP KINERJA SUPIR DUMP TRUCK PT RAYA BUMI MANDIRI SAMARINDA.

Wignjosoebroto, S. (2009). Tata letak pabrik dan pemindahan bahan. Surabaya: Guna Widya.

Yuliant, R., Saleh, A., & Bakar, A. (2014). Usulan Perancangan Tata Letak Fasilitas Perusahaan Garmen CV. X dengan menggunakan Metode Konvensional. REKA INTEGRA, 2(3).

Downloads

Published

2019-12-20