PENGARUH SHIFT KERJA TERHADAP KINERJA MELALUI VARIABEL KELELAHAN DAN BEBAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI PT M.I

Authors

  • Dony Arianto Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Asri Puspita Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v2i1.23-28

Keywords:

Shift Kerja, Kelelahan Kerja, Beban Kerja, Kinerja, SmartPLS

Abstract

Semua perusahaan pasti ingin memiliki karyawan dengan kinerja yang  tinggi, begitu pula dengan PT M.I Kinerja karyawan yang baik akan ditunjukkan dengan adanya prestasi kerja baik secara kualitas maupun kuantitas. Kinerja yang baik di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti Beban kerja, Kelelahan kerja dan Shift Kerja yang di atur dan di jalankan dengan baik. Dalam rangka Peningkatan kinerja inilah PT M.I perlu untuk mengetahui Faktor mana sajakah yang Paling berpengaruh dan dominan dalam pencapaian Kinerja yang baik. Penelitian ini lebih bersifat deskriptif yang berfokus pada analisis korelasi dengan penggunaan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan tools SmartPLS sebagai alat yang diharapkan dapat membantu PT M.I dalam menganalisis hasil dan menentukan strategi yang akan di lakukan demi meningkatkan kinerja karyawannya. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuisioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) maka diketahui bahwa variabel Shift kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap beban dan kelelahan kerja yang berdampak terhadap penurunan kinerja karyawan. Hasil dari penelitian ini tentunya bisa digunakan sebagai acuan oleh PT M.I dalam meningkatkan kinerja karyawannya pada masa yang akan datang.

Author Biographies

Dony Arianto, Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri,

Asri Puspita, Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri

References

Adityawarman, Y., Sanim, B., & Sinaga, B. M. (2015). Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk Cabang Krekot. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 34–44.

Fitria, A. (2003). Pengaruh etika kerja Islam terhadap sikap akuntan dalam perubahan organisasi dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2014). Struktural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS) dilengkapi Software Smartpls 3.0. Xlstat.

Henni, H., Nurina, N., & Abbas, S. F. (2014). Analisis Pengaruh Shift Kerja Terhadap Beban Kerja Mental Pekerja Dengan Menggunakan Metode Swat (Subjective Workload-assessment Technique). JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 1(2).

Setiawan, B. S. A. D. (2017). HUBUNGAN KELELAHAN TERHADAP KINERJA SUPIR DUMP TRUCK PT RAYA BUMI MANDIRI SAMARINDA.

Supomo, T. M. (2014). Shift Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tarakan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 75–88.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles