PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK PRODUK SEMEN INSTAN DI PT. VWX

Authors

  • Firman Nuriszal Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Moch Anshori Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v2i1.18-22

Keywords:

Economic Order Quantity, lot for lot, Material Requirement Planning, periodic order quantity

Abstract

Penerimaan bahan baku di PT. VWX sering mengalami keterlambatan yang berakibat pada terganggunya proses produksi, sehingga pemenuhan permintaan konsumen juga terganggu. Maka metode yang tepat untuk meminimalisasi keterlambatan penerimaan bahan baku adalah Material Requirement Planning (MRP). Berdasarkan pada analisis dan perhitungan lot sizing yang telah dilakukan pada penelitian ini Periodic Order Quantity(POQ) adalah metode lot sizing yang paling tepat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan diatas.

Author Biographies

Firman Nuriszal, Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif

Tekinik Industri

Moch Anshori, Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif

Tekinik Industri

References

Anggriana, K. Z. (2015). Analisis Perencanaan Dan Pengendalian Persediaan Busbar Berdasarkan Sistem MRP (Material Requirement Planning) Di PT. TIS. Penelitian Dan Aplikasi Sistem Dan Teknik Industri, 9(3).

Assauri, S. (2008). Produksi dan Manajemen Operasi. Edisi Revisi. Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Maulana, A., & Kusumawardhani, A. (2015). Analisis Efisiensi Persediaan Bahan Baku Susu Sapi Murni Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity Pada Soto Sedeep. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Render, H. dan. (2010). Manajemen Operasi. Edisi Ketujuh Buku 1, Salemba Empat, Jakarta. In Edisi Ketujuh Buku 1, Salemba Empat, Jakarta (Tujuh). Jakarta: Salemba Empat, Jakarta.

Wahyuni, A dan Syaichu, A. (2012). (2012). Perencanaan Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP) Produk Kacang Shanghai Perusahaan Gangsar Ngunut-Tulungagung. Jurnal Teknik STT POMOSDA, 141–156.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles