PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PRODUK LP 29 B-STYLISH GT DENGAN PENDEKATAN MATERIAL REQUIREMENT PLANNING BERDASARKAN SILVER-MEAL DAN PART-PERIOD BALANCING

Authors

  • Suhartini Suhartini Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Mochammad Basjir Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v1i1.47-54

Keywords:

inventory cost, Material Requirement Planning, Silver Meal, Part Period Balancing

Abstract

UD. Karya Jati merupakan perusahaan yang memproduksi panel seperti alamari, meja, rak tv dan pintu. setelah dilakukan analisa produk LP 29 B-Stylish GT merupakan produk make to stock memiliki permintaan yang paling tinggi. Saat ini perusahaan sering mengalami over stock disebabkan oleh kurang tepatnya perencanaan bahan baku yang diterapkan, dampak lain yang disebabkan adalah material terlalu lama berada di gudang yang berdampak pada tingginya holding cost. Untuk itu perlu dilakukan konsep perencanaan terhadap persediaan baha baku dalam rangka meminimalkan ketidaksesuaian tersebut dengan menggunakan metode Silver-Meal dan Part-Period Blancing. Tahap pertama yang dilakukan adalah peramalan terhadap  permintaan produk karena adanya pola data yang horizontal maupun stationer dengan menggunakan metode Exponential Smoothing dan Moving Average. Setelah itu pembuatan Master Production Schedule (MPS) untuk perhitungan safety stock dari produk  dilanjutkan pembuatan Material Requirement Planning (MRP) dari  bahan baku digunakan untuk mendapatkan informasi tentang stock on hand dari material. Tahap akhir yang dilakukan adalah analisis terhadap biaya dari kedua metode tersebut, yaitu metode Silver-Meal dengan total inventory cost Rp 1.097.413.561 dan metode Part-Period Balancing sebesar Rp 1.097.468.136 dan membandingkan dari kedua metode itu pada perusahaan yang dimiliki total inventory cost Rp. 1.492.375.698. Hasil dari penelitian ini adalah Silver-Meal memiliki penghematan sebesar 35,99% dibandingkan dengan  Part-Period Balancing yang memiliki  penghematan sebesar 35,98 % dari kondisi existing perusahaan

Author Biographies

Suhartini Suhartini, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Fakultas teknik

Mochammad Basjir, Universitas Islam Malang

Fakultas Teknik

References

Abdillah, A. A. (2017) Analisis Penerapan Material Requirement Planning Dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Berdasarkan Permintaan Pasar Dengan Menggunakan Pendekatan Single Moving Average Dan Single Exponential Smoothing With Linear Trend (Studi pada PT Kharisma Proteindo Ut. Bandar Lampung: Akhmad Afiks Abdillah.

Gasperz, V. (2005) Production Planning and Inventory Control MRP I. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haizer, Jay & Render, B. (2005) Manajemen Operasi. 7th edn. Jakarta, Salemba Empat.

Khairani, D. S. (2013) Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Kumar (2008) Production and Operations Management with Skill Development, Caselets and Cases. New Delphi, New Age International Limited.

Madinah, W. N. (2015) ‘Penentuan Metode Lot Sizing Pada Perencanaan Pengadaan Bahan Baku Kikir Dan Mata Bor (Studi Kasus: PT X, Sidoarjo)’, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 3(3), pp. 505–515.

Mbota, K. W. (2014) ‘Perencanaan Persediaan Bahan Baku Dan Bahan Bakar Dengan Dynamic Lot Sizing (Studi Kasus: PT Holcim Indonesia Tbk, Tuban Plant)’, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 3(1), pp. 178–188.

Poerwanto, H. (2016) Operasi Produksi, Perencanaan Kebutuhan Bahan, 2010.

Prima, D. S. et al. (2014) ‘Baku Animal Feedmill Dengan Lot Sizing Berdasarkan Algoritma Wagner-Within Dan Silver-Meal ( StudiKasus: PT . Sierad Produce , Tbk .)’, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, pp. 896–906.

Rahmadhani, R. D. (2017) Penentuan Metode Forecast Dan Perencanaan Pengadaan Raw Material Di Industri Manufaktur Filter Rokok. Surabaya: Ratih Dewi Ramadhani.

Rahmayanti, Dina & Fauzan, A. (2013) ‘Optimalisasi sistem persediaan bahan baku karet mentah ( lateks ) dengan metode lot sizing (studi kasus: pt abaisiat raya)’, Optimasi Sistem Industri, pp. 317–325.

Subagyo, P. (2002) Forecasting Konsep dan Aplikasi. Jakarta.

Downloads

Published

2018-12-30