STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PADA APARTEMEN X DENGAN METODE HUMAN SIGMA

Authors

  • Noval Efendi Universitas Maarif Hasyim Latif
  • M. Adhi Prasnowo Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/jiso.v1i1.29-38

Keywords:

IFE, EFE, Kualitas Layanan, Human Sigma, SWOT.

Abstract

Perusahaan Apartemen X saat ini sedang berusaha untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggannya dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang dimiliki saat ini. Salah satu variabel yang dapat mempengaruhi peningkatan kualitas layanan adalah adanya ikatan emosional antara pelanggan, karyawan dan perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai keeratan hubungan antara karyawan, pelanggan dan perusahan dengan menggunakan Metode Human Sigma. Hasil perhitungan menunjukkan nilai hubungan pelanggan dengan perusahaan sebesar 40.9% dan nilai hubungan karyawan dengan perusahaan sebesar nilai 48.8% dan nilai dari Human Sigma sebesar 31.5%. Selanjutnya dilakukan analisis melalui matriks IFE, EFE dan SWOT yang bertujuan untuk menentukan strategi yang dapat diterapkan di perusahaan apartemen X sehingga  nilai Human Sigma dapat semakin meningkat dan berdampak positif terhadap naiknya kinerja keuangan dan pelayanan di Apartement X.

Author Biographies

Noval Efendi, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Teknik, Teknik Industri

M. Adhi Prasnowo, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Teknik, Teknik Industri

References

Fleming, J. H., & Asplund, J. (2007). Human sigma: Managing the employee-customer encounter. Simon and Schuster.

Fornell, C., Johnson, M. D., Anderson, E. W., Cha, J., & Bryant, B. E. (1996). The American customer satisfaction index: nature, purpose, and findings. Journal of Marketing, 60(4), 7–18.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2018-12-30